AGUSTINA, Diyah and Apsari, Fitri and Purnomosidi, Faqih (2017) Terapi CBT (Cognitive Behavior Therapy) dalam Menangani Gangguan Konsentrasi pada Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) di Klinik Anak Yamet Cabang Surakarta. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.
Text
COVER.pdf Download (18kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (141kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (102kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (266kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (38kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
Abstract
ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder)adalah gangguan perilaku yang ditandai oleh aktivitas motorik berlebih dan ketidakmampuan untuk memfokuskan perhatian. Dan juga merupakan salah satu kondisi neurologis yang melibatkan gangguan pada perilaku hiperaktivitas dan impulsivitas, yang tidak sejalan dengan tingkat usia anak tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memahami secara mendalam mengenai Terapi CBT (Cognitive Behavior Therapy) dalam Menangani Gangguan Konsentrasi pada Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Penggunaan metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Informan utama dalam penelitian ini adalah 2 pasien di klinik anak YAMET. Informan berusia 6 tahun dan 8 tahun dengan jangka waktu penanganan terapi yang sama 2 tahun, namun berbeda selisih 6 bulan. Kedua informan berjenis kelamin laki-laki dan sama-sama mengalami gangguan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Kesimpulan yang diperoleh mengenai Terapi CBT (Cognitive Behavior Therapy) dalam Menangani Gangguan Konsentrasi pada Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) adalah : (1) ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) adalah gangguan perilaku yang ditandai oleh aktivitas motorik berlebih dan ketidakmampuan untuk memfokuskan perhatian, (2) Pelaksanaan terapi CBT (Cognitive Behavior Therapy) diberikan pada anak sedini mungkin, (3) Dalam terapi pola asuh orang tua dan lamanya proses penanganan terapi sangat berpengaruh pada pola perkembangan anak berkebutuhan khusus, khususnya pada anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) baik dalam kognisi, motorik, maupun sosialnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Psikologi |
Depositing User: | Dwi Ratna Sari |
Date Deposited: | 25 Nov 2020 08:00 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 01:53 |
URI: | http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/37 |
Actions (login required)
View Item |