ARDIYANA, Hafidz Wahyu and Susilo, Dahlan and Al Haris, Firdhaus Hari Saputro (2017) Sistem Manajemen Report Pengiriman Order Customer Dengan Integrasi SMS Gateway Pada PT. Genusa Media Artha Sukoharjo. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.
Text
Abstrak.pdf Download (10kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (40kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (189kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (449kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (692kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (842kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (94kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (169kB) |
Abstract
Manajemen data dengan menggunakan sistem dan database sudah banyak diadopsi di instansi-instansi. Selain memudahkan dalam pencarian data, keamanan dan efisiensi juga menjadi nilai positif yang ditawarkan. Namun hal tersebut belum diterapkan di divisi pengiriman PT. Genusa Media Artha. Sistem yang ada saat ini sangat tidak efisien karena input data yang sama yakni data order, dilakukan secara berulang. Admin order melakukan input untuk master data, kemudian admin pengiriman melakukan input dengan format Microsoft Excel untuk data divisi pengiriman, dan CSO melakukan input data order untuk SMS konfirmasi order terkirim. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengefisienkan masalah input data yang sama dimana data akan tersimpan dalam satu database kemudian admin pengiriman dapat melakukan update detail pengiriman sesuai data order dan selanjutnya CSO dapat langsung mengirimkan SMS konfirmasi melalui button yang tersedia. Penelitian ini menggunakan metode action research yang dimulai dengan pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian sistem dikembangkan dengan metode object oriented. Sistem ini memuat data report pengiriman order customer PT. Genusa Media Artha yang terintegrasi dengan SMS Gateway. Sistem yang dibuat berbasis web dengan database MySQL dan pengujian sistem menggunakan metode blackbox dan angket. Hasil pengujian blackbox menunjukkan bahwa 100% fungsional sistem berjalan sesuai dengan perencanaan yang dibuat dan dari metode angket diperoleh respon positif yakni sebesar 83% responden menyatakan sistem yang dibuat baik serta dapat membantu mengurangi 107 detik untuk memproses satu data order.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Informatika |
Depositing User: | Agung Ferdiyanto Hapsah |
Date Deposited: | 26 Mar 2021 01:40 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 04:28 |
URI: | http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/418 |
Actions (login required)
View Item |