Pengaruh Kualitas Pelayanan Keperawatan Tehadap Kepuasan Pasien Diruang Rawat Inap RSUD Kota Surakarta

CHAIRUNISA, Mazha and Haris, Rif Atiningyas and Pamungkas, Idris Yani (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan Keperawatan Tehadap Kepuasan Pasien Diruang Rawat Inap RSUD Kota Surakarta. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
MAZHA CHAIRUNISA_3_ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
MAZHA CHAIRUNISA_1_COVER.pdf

Download (14kB)
[img] Text
MAZHA CHAIRUNISA_4_BAB_I.pdf

Download (91kB)
[img] Text
MAZHA CHAIRUNISA_5_BAB_II.pdf

Download (287kB)
[img] Text
MAZHA CHAIRUNISA_6_BAB_III.pdf

Download (241kB)
[img] Text
MAZHA CHAIRUNISA_7_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
MAZHA CHAIRUNISA_8_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] Text
MAZHA CHAIRUNISA_9_DAFPUST-LAMPIRAN.pdf

Download (84kB)

Abstract

Latar belakang. Pelayanan keperawatan adalah ujung tombak utama pelayanan kesehatan dan merupakan cermin utama dari keberhasilan pelayanan kesehatan secara keseluruhan. Hasil studi pendahuluan dengan wawancara terhadap 6 pasien diruang rawat inap, 3 orang pasien menyatakan kurang puas dengan pelayanan yang telah diberikan terkait pelayanan yang lambat, kurangnya edukasi perawat kepada pasien dan pelayanan yang kurang ramah. Tujuan. Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien diruang rawat inap RSUD Kota Surakarta.Metode. Penelitiandilakukandenganmetodedeskriptifanalitik. Populasidalam penelitianiniberjumlah 224orangpasienrawatinap. Sampel sebanyak 144 orang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakanujistatistikKendall tau.Hasil. kualitas pelayanankeperawatandi RSUD Surakarta termasuk dalam kategori baik (97,2%). Tingkat kepuasan pasien di RSUD Surakarta termasuk tinggi (97,9%). Koefisien pengaruhantara kualitas pelayanankeperawatandengan kepuasan pasien (rhitung) sebesar0,242 dan sig. sebesar 0,000. Simpulan. Terdapat pengaruhyang signifikan antara kualitas pelayanankeperawatandengan kepuasan pasien di RSUD Surakarta.Kata kunci: kualitas pelayanan keperawatan, kepuasan pasien.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Anastasia Sekar Arum
Date Deposited: 26 Mar 2021 02:54
Last Modified: 01 Aug 2022 06:56
URI: http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/473

Actions (login required)

View Item View Item