Membangun Sistem Komputerisasi Survey Perizinan sebagai Pendukung "SIPINTER" di DPMPTSP Surakarta Berbasis Website

AZHARI, Muhammad and Al Haris, Firdhaus Hari Saputro and Khusnuliawati, Hardika (2019) Membangun Sistem Komputerisasi Survey Perizinan sebagai Pendukung "SIPINTER" di DPMPTSP Surakarta Berbasis Website. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
MUHAMMAD AZHARI_1_COVER.pdf

Download (78kB)
[img] Text
MUHAMMAD AZHARI_3_ABSTRAK.pdf

Download (194kB)
[img] Text
MUHAMMAD AZHARI_4_BAB_I.pdf

Download (115kB)
[img] Text
MUHAMMAD AZHARI_5_BAB_II.pdf

Download (195kB)
[img] Text
MUHAMMAD AZHARI_6_BAB_III.pdf

Download (997kB)
[img] Text
MUHAMMAD AZHARI_7_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
MUHAMMAD AZHARI_8_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] Text
MUHAMMAD AZHARI_9_DAFPUST-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

DPMPTSP Kota Surakarta dalam proses pembuatan jadwal survey masih dilakukan secara manual yaitu dengan mencatat di buku agenda jadwal survey. Proses pembuatan jadwal survey ini mengakibatkan pelayanan menjadi tidak efektif dan tidak efisien. Tujuan dari penelitian ini merupakan upaya untuk membuat sistem komputerisasi survey berbasis website. Metodologi penelitian yang dilakukan adalah wawancara, observasi, metode studi pustaka, dokumentasi, pemodelan waterfall. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem komputerisasi survey berbasis website bagi DPMPTSP Kota Surakarta, dengan adanya sistem ini diharapkan dapat mempercepat dan mempermudah pegawai dalam pembuatan jadwal survey. Pembangunan sistem komputerisasi survey ini meliputi pengelolaan data jadwal survey, pengelolaan data hasil tinjauan dan pengelolaan data user. Pengujian sistem menggunakan pengujian alpha dan pengujian beta. Pada pengujian alpha yang menggunakan metode black box testing dari 5 kasus uji dan 19 butir uji dapat disimpulkan bahwa sistem komputerisasi survey ini 100% terpenuhi yang artinya dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Hasil pengujian beta dilakukan penghitungan rata-rata secara keseluruhan dari setiap pernyataan dibandingkan dengan tabel kategori skor Skala Likert dapat disimpulkan, bahwa rata-rata dari hasil pengujian penerimaan sebesar 90,3% yang berarti semua pengguna menerima aplikasi dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Informatika
Depositing User: Fahmi Yufrizal Yusuf
Date Deposited: 26 Mar 2021 02:48
Last Modified: 01 Aug 2022 06:55
URI: https:///id/eprint/474

Actions (login required)

View Item View Item