Pengaruh Kualitas Pelayanan Keperawatan Terhadap Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RSUD dr. Soeratno Gemolong

NAROLITA, Elsa and Pamungkas, Idris Yani and Aryani, Atik (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan Keperawatan Terhadap Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RSUD dr. Soeratno Gemolong. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
ELSA NAROLITA_3_ABSTRAK.pdf

Download (172kB)
[img] Text
ELSA NAROLITA_1_COVER.pdf

Download (13kB)
[img] Text
ELSA NAROLITA_4_BAB_I.pdf

Download (267kB)
[img] Text
ELSA NAROLITA_6_BAB_III.pdf

Download (494kB)
[img] Text
ELSA NAROLITA_7_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
ELSA NAROLITA_8_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
ELSA NAROLITA_9_DAFPUST-LAMPIRAN.pdf

Download (936kB)

Abstract

Latar Belakang: Kualitas pelayanan keperawatan merupakan salah satu aspek yang mempengaruhi kepuasan pasien. Kualitas pelayanan yang rendah akan menyebabkan ketidakpuasan pasien dan menimbulkan berbagai keluhan. Semakin banyak keluhan mengindikasikan rendahnya kualitas pelayanan yang akan menyebabkan tingkat kepuasan pasien semakin menurun. Oleh karena itu perlu ditingkatkan kualitas pelayanan keperawatan untuk memenuhi harapan pasien dengan dipenuhinya harapan maka pasien merasa puas. Tujuan: Mengetahui pengaruh kualitas pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap RSUD Dr. Soeratno Gemolong. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan observasional analitik menggunakan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian adalah pasien rawat inap bulan Maret 2018 yang berjumlah 150 orang, sampel diambil menggunakan rumus Slovin diperoleh 110 orang, dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner kualitas pelayanan keperawatan dan kepuasan pasien. Teknik analisis data menggunakan analisis univariat dengan persentase dan analisis bivariat dengan Chi Square. Hasil: (1) Kualitas pelayanan keperawatan di Ruang Rawat Inap RSUD Dr. Soeratno Gemolong termasuk kategori baik, yaitu 71 responden (64,55%). (2) Kepuasan pasien rawat inap di Ruang Rawat Inap RSUD Dr. Soeratno Gemolong termasuk kategori positif, yaitu 74 responden (67,27%). (3) Terdapat hubungan antara kualitas pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSUD Dr. Soeratno Gemolong, yaitu p value = 0,0001. Simpulan: Terdapat hubungan antara kualitas pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSUD Dr. Soeratno Gemolong.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Anastasia Sekar Arum
Date Deposited: 26 Mar 2021 03:53
Last Modified: 02 Aug 2022 06:30
URI: https:///id/eprint/540

Actions (login required)

View Item View Item