Hubungan Motivasi Menjadi Perawat Terhadap Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Tingkat Awal Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Sahid Surakarta

YAZID, Achmad Muflihuddin and Sjafig, Sjafig and Arumawati, Dhani Setya (2017) Hubungan Motivasi Menjadi Perawat Terhadap Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Tingkat Awal Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Sahid Surakarta. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (67kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (29kB)
[img] Text
BAB_1.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB_2.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB_3.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
DAFPUST.pdf

Download (51kB)

Abstract

Latar Belakang: Motivasi menjadi perawat merupakan suatu hal yang penting bagi seorang mahasiswa program studi keperawatan semester awal untuk dapat mencapai prestasi belajar yang maksimal. Kenyataan di lapangan, masih ditemukannya beberapa mahasiswa kurang mempunyai motivasi yang tinggi untuk menjadi perawat, hal ini dapat disebabkan oleh kurangnya dukungan dari orang tua atau keluarga serta kurang adanya biaya yang cukup, hal ini akan berdampak pada prestasi belajar mahasiswa tersebut. Tujuan: Menganalisis hubungan motivasi menjadi perawat terhadap prestasi belajar pada mahasiswa tingkat awal Program Studi Ilmu Keperawatan di Universitas Sahid Surakarta. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif korelasional dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini semua mahasiswa tingkat awal Program Studi Ilmu Keperawatan yang berjumlah 50 orang dengan teknik total sampling. Alat analisis yang digunakan dengan analisis korelasi rank spearman. Hasil: (1) Motivasi mahasiswa menjadi perawat diketahui sebagian besar mempunyai motivasi cukup sebanyak 27 orang (54%) dan sebagian kecil mempunyai motivasi kurang sebanyak 2 orang (4%) dan 21 orang (42%) mempunyai motivasi cukup; (2) Prestasi belajar sangat baik sebanyak 26 orang (52%), prestasi baik sebanyak 23 orang (46%) dan prestasi belajar cukup sebanyak 1 orang (2%); (3) Ada hubungan yang signifikan antara motivasi menjadi perawat dengan prestasi belajar dengan nilai rhitung = 0,229 (ρ= 0,042) Kesimpulan: Terdapat Ada hubungan yang signifikan antara motivasi menjadi perawat dengan prestasi belajar pada mahasiswa tingkat awal Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Sahid Surakarta.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Agung Ferdiyanto Hapsah
Date Deposited: 29 Mar 2021 03:10
Last Modified: 02 Aug 2022 02:48
URI: https:///id/eprint/658

Actions (login required)

View Item View Item