Hubungan Gaya Kepemimpinan dan Kecerdasan Emosi Kepala Ruang dengan Kualitas Pelayanan Perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Pandan Arang Kabupaten Boyolali

HENDRAWAN, Wahyu and Indriyati, Indriyati and Arumawati, Dhani Setya (2018) Hubungan Gaya Kepemimpinan dan Kecerdasan Emosi Kepala Ruang dengan Kualitas Pelayanan Perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Pandan Arang Kabupaten Boyolali. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
intisari.pdf

Download (75kB)
[img] Text
cover_1.pdf

Download (17kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB I.pdf

Download (67kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB II.pdf

Download (73kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB III agusts.pdf

Download (102kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB IV wahyu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB V wahyu_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (23kB)

Abstract

Latar Belakang : Kepemimpinan dibutuhkan manusia, karena adanya suatu keterbatasan dan kelebihan tertentu.Pada manusia setiap orang adalah pemimpin dan mereka mempunyai karakteristik tertentu yang membuat mereka lebih baik dari orang lain Penerapan gaya kepemimpinan seseorang dalam keperawatan cenderung sangat bervariasi dan berbeda beda. Semakin tepat gaya yang di terapkan akan semakin menghasilkan efektifitas kepemimpinan Selain harus memfokuskan pada keberlangsungan pelayanan itu sendiri, perawat juga menghadapi berbagai masalah yang dialami oleh pasien maupun keluarga baik berupa respon fisik maupun psikologis yang tidak dapat di abaikan. Kompleksitas peran dan fungsi kepala ruang saat menjalankan proses kepemimpinannya, Kecerdasan Emosional adalah kemampuan menggambarkan intensitas, ketangguhan, kreatifitas perilaku pemimpin. Pelayanan keperawatan sangat memerlukan sosok yang memiliki kecerdasan emosi yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan pasien yang mencakup kebutuhan biologis, psikologis, sosiologis dan spiritual. Kecerdasan emosional dalam kepemimpinan memiliki dimensi dalam aspek situasi saat ini, pemahaman, nilai nilai dan keyakinan. Situasi saat ini menggambarkan kondisi emosi seorang pemimpin dalam aspek peristiwa hidup, tekanan pekerjaan dan tekanan masalah pribadi. Kualitas pelayanan perawat sebagai suatu sistem, terdiri dari input, proses dan outcome. Artinya kualitas pelayanan perawat merupakan interaksi dan ketergantungan antara berbagai aspek, komponen atau unsur pelayanan keperawatan, yang perlu penilaian sebagai evaluasi. Perawat pada posisi kepemimpinan memiliki tanggung jawab dominasi dan sentralitas peran personalitas perawat dalam sistem dan tatanan pelayanan kesehatan sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan dan kecerdasan emosi kepala ruang dengan kualitas pelayanan keperawatan di Rumah sakit umum daerah Pandan Arang Kabupaten Boyolali. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian jenis survei atau observasional, bersifat analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan pendekatan stratified purposive random sampling yang dilanjutkan secara proporsional Hasil : 1) Gaya kepemimpinan kepala ruang di rumah sakit umum daerah Pandan Arang kabupaten Boyolali adalah demokratis sebesar 31%, Nilai thitung = 2.113>ttabel = 1,96 dengan p= 0,037, Sehingga gaya kepemimpinan berhubungan dengan kualitas pelayanan perawat. 2) Kategori kecerdasan emosi kepala ruang di rumah sakit umum daerah Pandan Arang kabupaten Boyolali Cukup 70%, Kecerdasan emosi berhubungan positif terhadap kualitas pelayanan perawat. dengan thitung = 7.534> ttabel = 1,96 dengan p= 0,004, 3) Hasil penelitian diketahui bahwa (69,9%) mempunyai kualitas pelayanan dalam kategori cukup. 4) Terdapat hubungan antara gaya kepemimpinan dan kecerdasan emosi kepala ruang secara bersama sama dengan kualitas pelayanan perawat dengan p<0,05. Nilai Fhitung (216.061) > Ftabel (4,00), Uji kebaikan model atau koefisien determinasi (R2) 0.797 atau 79,7%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel dependen yaitu kualitas pelayanan perawat dapat dijelaskan oleh variabel independen, Kesimpulan : Terdapat hubungan signifikan antara kecerdasan emosi kepala ruang dengan kualitas pelayanan keperawatan di Rumah sakit umum daerah Pandan Arang kabupaten Boyolali.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Fahmi Yufrizal Yusuf
Date Deposited: 29 Mar 2021 03:41
Last Modified: 01 Aug 2022 07:55
URI: https:///id/eprint/703

Actions (login required)

View Item View Item