Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Siswa Dalam Belajar pada Siswa dalam Belajar pada Siswa Kelas XI di SMK Negeri 4 Surakarta

MEIT, Maria Fatima and Musslifah, Anniez Rachmawati and Aryani, Atik (2016) Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Siswa Dalam Belajar pada Siswa dalam Belajar pada Siswa Kelas XI di SMK Negeri 4 Surakarta. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
MARIA FATIMA MEIT_3_ABSTRAK.pdf

Download (228kB)
[img] Text
MARIA FATIMA MEIT_1_COVER.pdf

Download (13kB)
[img] Text
MARIA FATIMA MEIT_4_BAB_I.pdf

Download (205kB)
[img] Text
MARIA FATIMA MEIT_5_BAB_II.pdf

Download (261kB)
[img] Text
MARIA FATIMA MEIT_6_BAB_III.pdf

Download (355kB)
[img] Text
MARIA FATIMA MEIT_7_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
MARIA FATIMA MEIT_8_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
MARIA FATIMA MEIT_9_DAFPUST-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Latar Belakang: Pola asuh yang berbeda-beda yang ditanamkan pada setiap siswa membentuk kemandirian siswa yang juga berbeda-beda sewaktu di sekolah. Hal ini yang menyebabkan siswa memiliki potensi dan prestasi belajar yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan kemandirian siswa dalam belajar pada siswa kelas XI di SMK Negeri 4 Surakarta. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif korelasional dengan desain penelitian cross sectional. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh sehingga diperoleh jumlah sampel seluruh siswa kelas XI Jurusan Tata Boga SMK Negeri 4 Surakarta yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi chi square. Hasil Penelitian: Dari hasil analisis diketahui mayoritas siswa berjenis kelamin perempuan, berusia 16 tahun. Hasil analisa univariat diketahui mayoritas siswa mendapat pengasuhan demokratis dari orang tua mereka dan mandiri dalam belajar. Hasil analisis bivariat diperoleh chi square (χ2) hitung (13,402) > chi square tabel (5,99) dengan p value (0,000) < 0,05. Hal ini dapat diartikan bahwa ada hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian siswa dalam belajar. Simpulan: Ada hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian siswa dalam belajar pada siswa kelas XI SMK Negeri 4 Surakarta.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Anastasia Sekar Arum
Date Deposited: 29 Mar 2021 03:58
Last Modified: 02 Aug 2022 03:15
URI: https:///id/eprint/725

Actions (login required)

View Item View Item