Pengaruh Mutu Pelayanan keperawatan terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap Kelas III di RSUD Simo Boyolali

ENDARWATI, Yunia Dwi and Bahri, Ahmad Syamsul and Pamungkas, Idris Yani (2016) Pengaruh Mutu Pelayanan keperawatan terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap Kelas III di RSUD Simo Boyolali. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (67kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (30kB)
[img] Text
1_BAB 1-CD.pdf

Download (107kB)
[img] Text
2_BAB 2-CD.pdf

Download (113kB)
[img] Text
3_BAB 3_CD.pdf

Download (140kB)
[img] Text
4_BAB 4-CD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
5_BAB 5-CD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
6_YUNIA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB)

Abstract

Latar Belakang: Pada umumnya, mutu pelayanan kesehatan berfokus pada konsep bahwa layanan kesehatan memiliki tiga landasan utama yaitu mutu, akses dan biaya. Semakin meningkatnya tuntutan masyarakat akan kualitas pelayanan kesehatan, maka fungsi pelayanan perlu ditingkatkan untuk memberi loyalitas pasien. Dari 10 pasien ada 4 orang menilai cukup dan yang menilai baik sebanyak 6 orang. Adapun loyalitas yang dirasakan 10 responden tersebut diketahui sebanyak 5 pasien merasa kurang puas terhadap pelayanan yang diberikan pihak rumah sakit sehingga tidak berkeinginan untuk merujuk perawatan di rumah sakit RSUD Simo, sebanyak 4 orang merasa cukup puas dan loyal, dan 1 orang merasa puas dan sangat loyal. Tujuan: Mengetahui pengaruh antara mutu pelayanan keperawatan dengan loyalitas Pasien Rawat Inap Kelas III di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Simo Boyolali. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang menggunakan jasa pelayanan kesehatan di RSUD Simo Boyolali sebanyak 210 orang diambil sampel 68 orang dengan teknik purposive sampling. Alat analisis yang digunakan dengan analisis dengan uji Chi-Square dan analisis regresi berganda. Hasil: (1) Ada pengaruh kualitas pelayanan keperawatan pada kehandalan (reliability) terhadap loyalitas pasien (-value = 0,000); (2) Ada pengaruh antara kualitas pelayanan keperawatan pada ketanggapan (responsiveness) terhadap loyalitas pasien (-value = 0,000); (3) Ada pengaruh kualitas pelayanan keperawatan pada keyakinan (assurance) terhadap loyalitas pasien (-value = 0,000); (4) Ada pengaruh kualitas pelayanan keperawatan pada perhatian (empathy) terhadap loyalitas pasien (-value = 0,007); (5) Ada pengaruh kualitas pelayanan keperawatan pada tampilan (tangible) terhadap loyalitas pasien (-value = 0,001); (6) Terdapat pengaruh kualitas pelayanan secara bersama-sama terhadap loyalitas pasien di Ruang Rawat Inap Kelas III di RSUD Simo Boyolali, (-value = 0,000). Kesimpulan: Terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien di Ruang Rawat Inap Kelas III RSUD Simo Boyolali.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Fahmi Yufrizal Yusuf
Date Deposited: 29 Mar 2021 08:27
Last Modified: 02 Aug 2022 02:56
URI: https:///id/eprint/760

Actions (login required)

View Item View Item