Peran Guru BK dalam Membentuk Positive Self Concept Siswa Kelas XI SMK Sudirman 1 Wonogiri

SAPUTRA, Febri Eka and Purnomosidi, Faqih and Musslifah, Anniez Rachmawati (2021) Peran Guru BK dalam Membentuk Positive Self Concept Siswa Kelas XI SMK Sudirman 1 Wonogiri. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (924kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Febri Eka Saputra_Bab I_2018033003 - Febri Eka Saputra.pdf

Download (190kB)
[img] Text
Febri Eka Saputra_Bab II_2018033003 - Febri Eka Saputra.pdf

Download (273kB)
[img] Text
Febri Eka Saputra_Bab III_2018033003 - Febri Eka Saputra.pdf

Download (125kB)
[img] Text
Febri Eka Saputra_Bab IV_2018033003 - Febri Eka Saputra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
Febri Eka Saputra_Bab V_2018033003 - Febri Eka Saputra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)

Abstract

Positive self concept adalah penerimaan yang mengarah individu ke arah sifat yang rendah hati, dermawan, dan tidak egois. Orang dengan konsep diri positif dapat memahami dan menerima sejumlah fakta yang bermacam-macam tentang dirinya sendiri baik yang merupakan kekurangan maupun kelebihan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan peran guru bk dalam membentuk positive self concept siswa kelas xi SMK Sudirman 1 Wonogiri. Metode penelitan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini berjumlah 7 orang yaitu 4 orang guru bk sebagai informan utama dan 3 orang siswa kelas xi sebagai informan pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peran guru bk dalam membentuk positive self concept siswa kelas XI SMK Sudirman 1 Wonogiri di masa pandemic Covid-19 yaitu dengan adanya interaksi antara Guru BK dengan siswa dan orangtuanya yang diwujudkan dalam memotivasi siswa yang berada dalam konsep diri negatif dengan lewat daring melalui platform digital, serta mengontrol dan memandu perkembangan siswa yang diwujudkan melalui layanan konseling, bimbingan, serta konsultasi baik secara individu maupun kelompok dalam bentuk daring atau melakukan homevisit bagi Guru BK.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Psikologi
Depositing User: Dwi Ratna Sari
Date Deposited: 20 May 2021 03:06
Last Modified: 01 Aug 2022 03:14
URI: https:///id/eprint/898

Actions (login required)

View Item View Item