PRAYUDYANTO, Milleneo and Lukitasari, Evelyne Henny and Anwar, Ahmad Khoirul (2024) Analisis Visual Desain Video Game Super Mario Bros. Tahun 1985. Skripsi thesis, Universitas Sahid Surakarta.
Text
Milleneo Prayudyanto_Cover+Abstrak_2019021038 - Milleneo Prayudyanto.pdf Download (1MB) |
|
Text
Milleneo Prayudyanto_BAB I_2019021038 - Milleneo Prayudyanto.pdf Download (664kB) |
|
Text
Milleneo Prayudyanto_BAB II_2019021038 - Milleneo Prayudyanto.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Milleneo Prayudyanto_BAB III_2019021038 - Milleneo Prayudyanto.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Milleneo Prayudyanto_BAB IV_2019021038 - Milleneo Prayudyanto.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
Milleneo Prayudyanto_BAB V_2019021038 - Milleneo Prayudyanto.pdf Download (187kB) |
|
Text
Milleneo Prayudyanto_Daftar Pustaka_2019021038 - Milleneo Prayudyanto.pdf Download (355kB) |
Abstract
Skripsi ini meneliti elemen desain visual dan prinsip desain yang digunakan dalam video game Super Mario Bros. 1985. Kedua hal ini tercermin dalam rumusan masalah yaitu mencari elemen desain visual apa dan prinsip desain apa yang digunakan dalam video game tersebut. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan jawaban yang tercantum dalam kedua rumusan masalah di atas. Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif dengan data primer yaitu video game itu sendiri dan sekunder dengan penyebaran kuesioner atau survei. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Super Mario Bros., dirilis pada tahun 1985 untuk Nintendo Entertainment System (NES), memanfaatkan berbagai elemen desain visual, termasuk garis, bentuk, tekstur, dan warna, untuk menciptakan dunia game yang ikonik dan berkesan. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa dalam video game Super Mario Bros. 1985 terdapat beberapa klasifikasi garis (horizontal dan vertikal) seperti garis tanah, garis blok, garis pipa, garis platform, garis musuh, dan scenery lines. Sedangkan untuk bentuk, berbagai bentuk atau bidang ditemukan dalam karakter dan jumlah piksel yang membentuk para karakter dalam video game tersebut. Elemen desain lainnya adalah tekstur yang terdapat dalam tekstur balok padat, tanah, latar belakang, dan musuh. Sedangkan warna, Super Mario Bros. 1985 menggunakan palet warna terbatas, dan prosentase RGB spesifik untuk warna latar belakang mungkin tidak tersedia atau didokumentasikan dengan baik. Untuk prinsip desain yang digunakan dalam video game Super Mario Bros. 1985 adalah emphasis (penekanan), balance (keseimbangan), rhythm (irama), dan unity (kesatuan). Masing-msing karakter, baik protagonis maupun antagonis memiliki ciri khas dalam prinsip desain mereka. Demikian juga untuk elemen penunjang lainnya, mereka memiliki ciri khas dalam prinsip desainnya. Akhirnya, sebagai penguat temuan prinsip desain yang digunakan dalam Super Mario Bros. 1985, dilakukan survey ( 15 pertanyaan) terhadap 52 orang dan yang menjawab survey tersebut adalah 37 orang yang merupakan responden dengan pengalaman pernah memainkan video game ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | elemen visual, prinsip desain, Super Mario Bros. 1985 |
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Divisions: | Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | Yohana W |
Date Deposited: | 27 Mar 2024 03:13 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 01:29 |
URI: | http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/2835 |
Actions (login required)
View Item |