Representasi Maskulinitas Boyband dalam Video Klip (Analisis Semiotika Roland Barthes tentang Representasu Maskulinitas Boyband dalam Video Klip Promise oleh 2PM

OCTANINGTYAS, Vian Andhika and Anwar, Ahmad Khoirul and Lukitasari, Evelyne Henny (2017) Representasi Maskulinitas Boyband dalam Video Klip (Analisis Semiotika Roland Barthes tentang Representasu Maskulinitas Boyband dalam Video Klip Promise oleh 2PM. Skripsi thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
VIAN ANDHIKA O_1_COVER.pdf

Download (12kB)
[img] Text
VIAN ANDHIKA O_ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
VIAN ANDHIKA O_2_BAB_I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
VIAN ANDHIKA O_3_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text
VIAN ANDHIKA O_4_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
VIAN ANDHIKA O_5_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] Text
VIAN ANDHIKA O_6_BAB_V.pdf

Download (85kB)
[img] Text
VIAN ANDHIKA O_7_DAFPUST.pdf

Download (143kB)

Abstract

Berkembangnya dunia musik korea atau yang lebih dikenal K-Pop keseluruh dunia sejalan dengan berkembangnya boybanddi negeri ginseng tersebut. Banyaknya boybandberbanding lurus dengan banyaknya video klip yang ditawarkan oleh manajemen dengan konsep yang beraneka ragam. Namun konsep pria cantik nampaknya sedang menjadi konsep yang banyak diusung oleh manajemen pada beberapa tahun belakangan ini. Konsep pria cantik inilah yang menyebabkan pandangan masyarakat di luar Korea khususnya memandang sebelah mata pria Korea yang dinilai tidak maskulin sebagaimana pria pada umumnya. Melalui penelitian tentang representasi maskulinitas member 2PM dalam video klip Promise, sisi maskulinitas member boybanddianalisis melalui penampilannya. Unsur-unsur penampilan yang dianalisis dalam penelitian ini antara lain pakaian, gaya rambut, aksesoris, gestur tubuh, dan ekspresi wajah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes berupa sistem tanda yang dibagi menjadi denotasi dan konotasi yang membentuk mitos untuk menghasilkan makna. Data dikumpulkan dengan mengamati scene-scenedalam video klip Promisedan mengambil scene-sceneyang dianggap mampu mewakili maskulinitas member 2PM. Unsur-unsur dari video klip Promisedimaknai oleh peneliti selaku interpretan berdasarkan pengalaman yang diperoleh dari interaksi sosial sebagai anggota masyarakat atau budaya tertentu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa member 2PM mempresentasikan beberapa sifat maskulinitas antara lain maskulinitas Hollywood, new man as narcissist, be a big wheel, no sissy stuff, be sturdy oak,dan softmasculinity. Sifat maskulinitas ini menunjukkan bahwa member 2PM merupakan pria maskulin modern yang mapan dan peduli akan penampilan sertatak segan mengekspresikan perasaan namun tidak berlebihan tanpa melepaskan sisi maskulinitas mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Promise, 2PM, semiotika, representasi, maskulinitas
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Anastasia Sekar Arum
Date Deposited: 25 Mar 2021 06:12
Last Modified: 01 Aug 2024 06:46
URI: http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/344

Actions (login required)

View Item View Item