INDRASWARI, Punia Gusti and Anwariningsih, Sri Huning and Khusnuliawati, Hardika (2019) Pembuatan Toko Online PunPun Shop Berbasis Web. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.
Text
COVER.pdf Download (98kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (132kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (164kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (175kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (89kB) |
|
Text
DAFPUST.pdf Download (138kB) |
Abstract
PunPun Shop merupakan salah satu bisnis online di Surakarta yang menjual berbagai mainan anak-anak yaitu slime, boneka squishy, biskuit karakter (cookies) dan lain sebagainya. Selama ini, pemasaran yang dilakukan adalah dengan sosial media, situs marketplace serta dengan bertatap muka langsung antara penjual dan pembeli. Penjualan melalui sosial media dan situs marketplace tidak memungkinkan untuk dilakukan kontrol bisnis online secara penuh. Pemilik situs sosial media dan marketplace dapat mengubah ketentuan dan peraturan kapan pun. Hal tersebut bukan tidak mungkin menimbulkan dampak signifikan terhadap keberlangsungan bisnis.Sosial media dan marketplace memberikan beragam fitur dan pelayanan konsumen. Namun, fitur tersebut terbatas sesuai ketentuan pemilik sosial media dan marketplace, pemilik bisnis tidak dapat menentukan sendiri desain situs, teknik marketting misalnya dengan membership dan e-mail subscription, serta tidak dapat melakukan SEO (Search Engine Optimization). Berangkat dari latar belakang masalah tersebut, maka dibuatlah toko online PunPun Shop berbasis web. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemasaran untuk mengembangkan bisnis dan memudahkan transaksi jual beli bagi PunPun Shop. Penelitian ini menggunakan metode waterfall, dimana metode ini menggunakan pendekatan yang sistematis dan berurutan pada pengembangan perangkat lunak. Dalam proses pengembangan menggunakan web server Apache, XAMPP, MySQL, PHP dan Codeigniter. Metode pengujian menggunakan metode WebQual 4.0. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah website e-commerce PunPun Shopdengan fitur-fitur untuk pembeli yaitu fitur pesan dan keranjang belanja, sedangkan untuk admin yaitu manajemen order, slider, barang, kategori, akun, pesan, diskon spesial, CMS, dan blog.Pengujian sistem menggunakan instrumen WebQual yang dituangkan ke dalam bentuk kuesioner kepada 45 respondenpengunjung dan pembeli, disimpulkan bahwa hasil uji Koefisiendeterminasi (R²)diperoleh angka R2 (R Square) sebesar 0,995atau (99,5%). Hal ini menunjukkan bahwa presentase sumbangan pengaruh variabel independen (usability, information quality dan interactive quality) terhadap variabel dependen (overall)sebesar 99,5%.Sedangkan sisanya sebesar 0.5% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Informatika |
Depositing User: | Fahmi Yufrizal Yusuf |
Date Deposited: | 26 Mar 2021 03:13 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 08:04 |
URI: | http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/486 |
Actions (login required)
View Item |