Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Kesejahteraan Psikologis pada Siswa Kelas XI SMA N Colomadu Karanganyar

NUGRAHENI, Gita and Putri, Dhian Riskiana and Musslifah, Anniez Rachmawati (2020) Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Kesejahteraan Psikologis pada Siswa Kelas XI SMA N Colomadu Karanganyar. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
SKRIPSI COVER.pdf

Download (995kB)
[img] Text
SKRIPSI ABSTRAK.pdf

Download (545kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 1.pdf

Download (339kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 2.pdf

Download (562kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 3.pdf

Download (452kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text
SKRIPSI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)

Abstract

Siswa adalah orang yang belum mencapai dewasa, yang membutuhkan usaha, bantuan bimbingan dari orang lain yang telah dewasa guna melaksanakan tugas sebagai salah satu makhluk Tuhan, sebagai umat manusia, sebagai warga negara yang baik dan sebagai salah satu masyarakat serta sebagai suatu pribadi atau individu ). Remaja adalah suatu masa transisi atau peralihan, yaitu periode dimana individu secara fisik maupun psikis berubah dari masa kanak – kanak ke masa dewasa. .Psychological well – being atau kesejahteraan psikologis adalah kondisi individu yang mampu menghadapi berbagai hal yang dapat memicu permasalahan dalam kehidupannya. Dukungan sosial adalah suatu pemberian bantuan atau dukungan yang diberikan oleh orangtua kepada anaknya dalam bentuk verbal maupun non verbal yang menguntungkan bagi si penerima, sehingga penerima merasa dihargai dan dicintai oleh lingkungan sekitar. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan 133 responden. Teknik yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala dukungan sosial sebanyak 50 aitem dan skala kesejahteraan psikologis (psychological well-being) sebanyak 48 aitem. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan sosial dengan kesejahteraan psikologis pada siswa yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar r = 0,842 pada taraf signifikansi 0,05. Artinya semakin tinggi tingkat dukungan sosial, semakin pula tingkat kesejahteraan psikologis (psychological well-being), begitipun sebaliknya semakin rendah tingkat dukungan sosial, semakin rendah pula kesejahteraan psikologis nya (psychological well-being)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Psikologi
Depositing User: Dwi Ratna Sari
Date Deposited: 22 Nov 2021 03:07
Last Modified: 01 Aug 2022 06:05
URI: https:///id/eprint/1732

Actions (login required)

View Item View Item