SUWARNI, Suwarni and Bintoro, Wahyu and Herawati, Vitri Dyah (2015) Efektivitas dari Pendidikan Kesehatan Metode Demonstrasi Dibanding Simulasi Terhadap Ketrampilan Ibu dalam Melakukan Pijat Bayi Usia 0-2 Tahun di Desa Kalimati Kecamatan Juwangi Kabupaten Boyolali. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (56kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (184kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (839kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (126kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (122kB) |
Abstract
Latar Belakang: Pijat bayi adalah pemijatan yang dilakukan dengan usapan-usapan halus pada permukaan kulit bayi, dilakukan dengan menggunakan tangan yang bertujuan untuk menghasilkan efek terhadap saraf, otot, sistem pernafasan serta sirkulasi darah dan limfe. Pijat bayi membantu perkembangan sistem imun tubuh, merelaksasikan tubuh bayi, membantu mengatasi gangguan tidur sehingga bayi dapat nyaman dan nyenyak, meningkatkan proses pertumbuhan bayi, memudahkan BAB pada bayi. Tujuan Penelitian: Mengetahui efektifitas pendidikan kesehatan antara metode demonstrasi dan simulasi terhadap ketrampilan ibu melakukan pijat bayi usia 0-2 tahun di Desa Kalimati, Kecamatan Juwangi, Kabupaten Boyolali. Metode: Jenis penelitian quasi experiment dengan pretest-posttest design Populasi adalah ibu yang memiliki bayi usia 0-2 tahun yang berjumlah 32 ibu. Sampel berjumlah 32 responden, dibagi kelompok A (Demonstrasi) dan kelompok B (Simulasi), masing-masing kelompok beranggotakan 16 responden. Analisis data menggunakan uji Paired Sample t Test dan Independent Sample t Test, dengan terlebih dahulu uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil Penelitian: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan pendidikan kesehatan melalui metode demonstrasi terhadap tingkat keterampilan ibu melakukan pijat bayi umur 0-2 tahun, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan pendidikan kesehatan melalui metode simulasi terhadap tingkat keterampilan ibu melakukan pijat bayi umur 0-2 tahun, (3) Pendidikan kesehatan melalui metode simulasi lebih efektif pengaruhnya terhadap tingkat keterampilan ibu melakukan pijat bayi umur 0-2 tahun di desa Kalimati, kecamatan Juwangi, kabupaten Boyolali dibandingkan pendidikan kesehatan melalui metode demonstrasi. Kesimpulan: Pendidikan kesehatan melalui metode simulasi lebih efektif dibandingkan metode demonstrasi terhadap peningkatan keterampilan ibu dalam melakukan pijat bayi umur 0-2 tahun.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan kesehatan, demonstrasi, simulasi, ketrampilan pijat bayi |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Keperawatan |
Depositing User: | Dwi Ratna Sari |
Date Deposited: | 23 Nov 2021 07:33 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 04:25 |
URI: | http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/1768 |
Actions (login required)
View Item |