Analisis Pengaruh Segmenting, Targeting, dan Positioning Terhadap Keputusan Membeli Produk (Studi Kasus Pembelian Sepeda Motor Honda di Sragen)

RATI, Sri and Winarno, Sri and Paningrum, Destina (2016) Analisis Pengaruh Segmenting, Targeting, dan Positioning Terhadap Keputusan Membeli Produk (Studi Kasus Pembelian Sepeda Motor Honda di Sragen). Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (209kB)
[img] Text
SRI RATI_1_COVER-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SRI RATI_2_BAB_I.pdf

Download (258kB)
[img] Text
SRI RATI_3_BAB_II.pdf

Download (606kB)
[img] Text
SRI RATI_4_BAB_III.pdf

Download (414kB)
[img] Text
SRI RATI_5_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img] Text
SRI RATI_6_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
SRI RATI_7_DAFPUST-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pertumbuhan konsumen kendaraan roda dua di Indonesia sampai saat ini mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Persaingan bisnis di bidang kendaraan roda dua (sepeda motor) di Indonesia dikuasai oleh merek Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki. Salah satu produsen kendaraan bermotor yang menggunakan strategi pemasaran yaitu mengenai segmenting, targeting, dan positioning terhadap PT Astra Honda Motor (AHM). Sampai saat ini, pasar persaingan masih didominasi oleh PT Astra Honda Motor dengan sepeda motor merek Honda dengan keunggulannya yakni motor yang ekonomis bahan bakar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh strategi dari Segmenting, Targeting, dan Positioning terhadap keputusan membeli produk, serta strategi pengembangan usaha khususnya pembelian sepeda motor Honda di kota Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di 3 wilayah kota Sragen, seperti Sragen Kulon, Sragen Tengah, dan Sragen Wetan. Sampel diambil 30-40 pembeli Honda secara acak dari masing-masing dealer di wilayah kota Sragen, dengan jumlah keseluruhan responden 100 pembeli produk Honda. Pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, observasi, dan kepustakaan. Hasil uji regresi mendapatkan bahwa ketiga variabel independen yaitu segmenting, targeting, dan positioning berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli produk. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa semua variabel independen mempunyai hubungan yang signifikan kurang dari 0,5. Kemudian melalui uji F diketahui bahwa ketiga variabel independen terbukti mempunyai pengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap keputusan membeli produk, yaitu sebesar 3,459 dengan nilai signifikan 000 < 0,05. Dari perhitungan koefisien determinasi R2, menunjukkan bahwa 72,8% mengenai keputusan membeli produk dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 27,2% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Administrasi Bisnis
Depositing User: Agung Ferdiyanto Hapsah
Date Deposited: 23 Mar 2021 04:38
Last Modified: 02 Aug 2022 03:24
URI: https:///id/eprint/207

Actions (login required)

View Item View Item