Analisis Wacana Iklan Air Minum Aqua Versi #AdaAqua di Televisi

MUKTIASARI, Agustina Caesarida and Anggitya, Paramastu Titis and Kartinawati, Erwin (2018) Analisis Wacana Iklan Air Minum Aqua Versi #AdaAqua di Televisi. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
AGUSTINA CAESARINDA MUKTIASARI_1_COVER-ABSTRAK.pdf

Download (424kB)
[img] Text
AGUSTINA CAESARINDA MUKTIASARI_2_BAB_I.pdf

Download (96kB)
[img] Text
AGUSTINA CAESARINDA MUKTIASARI_3_BAB_II.pdf

Download (191kB)
[img] Text
AGUSTINA CAESARINDA MUKTIASARI_4_BAB_III.pdf

Download (91kB)
[img] Text
AGUSTINA CAESARINDA MUKTIASARI_5_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img] Text
AGUSTINA CAESARINDA MUKTIASARI_6_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] Text
AGUSTINA CAESARINDA MUKTIASARI_7_DAFPUST.pdf

Download (70kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui wacana yang diangkat dalam iklan Aqua versi #AdaAqua di televisi. Jenis penelitian ini sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Objek penelitian ini adalah iklan Air Minum Dalam Kemasan Aqua versi #AdaAqua. Sumber primer adalah video Iklan Air Minum Dalam Kemasan versi #AdaAqua yang tayang dalam 4 versi di televisi, sedangkansumber data sekunder terdiri dari buku, jurnal dan situs terkait. Penelitian ini menggunakan model analisis interaktif, yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa analogi wacana Aqua versi #AdaAqua di televisi yang merupakan dasar bagi penutur dan mitra tutur untuk memahami makna mendeskripsikan produsen sebagai penutur menyampaikan informasi mengenai produk yang diiklankan yaitu menunjukkan kelebihan produk tersebut. Wacana “kurang minum aqua menurunkan konsentrasi dan fokus” dibentuk dari keempat iklan aqua yang telah dianalisis, analisis tersebut menggunakan elemen-elemen iklan yaitu tekstual dan kontekstual berdasarkan teori Guy Cook. Guy Cook mengatakan, analisis wacana memeriksa teks dan konteks dari komunikasi; siapa yang mengkomunikasikan, dengan siapa dan mengapa; dalam jenis khalayak dan situasi apa; bagaimana perbedaan tipe dari perkembangan komunikasi; dan hubungan untuk setiap masing-masing pihak. Analisis data kontekstual dalam penelitian ini dilihat dari fungsi dimana iklan yang memiliki tagline “Kurang minum menurunkan konsentrasi dan fokus” menjelaskan bahwa iklan aqua banyak menceritakan apa efek dan dampak yang ditimbulkan jika kekurangan minum. Hal tersebut telah mengubah pandangan bahwa dehidrasi yang kerap dianggap sepele bisa berdampak pada hal-hal yang bisa dihindari jika mengkonsumsi air putih yang cukup Dari semua iklan tersebut, setiap model menolak untuk minum Aqua dan karena itu mereka menjadi kehilangan konsentrasi dan fokus ketika menjalani aktifitas. Kondisi ini menimbulkan efek malu di muka umum dan menjadi bahan tertawaan bagi orang-orang di sekitarnya. Aqua menggunakan strategi dan tema yang sama dalam setiap iklan #AdaAQUA dengan tujuan mengingatkan masyarakat bahwa Aqua layak untuk dikonsumsi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Agung Ferdiyanto Hapsah
Date Deposited: 23 Mar 2021 06:19
Last Modified: 01 Aug 2022 08:02
URI: https:///id/eprint/230

Actions (login required)

View Item View Item