GREACEYANA, Merry and Putri, Sofia Ningsih Rahayu and Wisudawanto, Rahmat (2022) Strategi Humas RSUD Dr.Moewardi Dalam Membentuk Citra Rumah Sakit Melalui Media Sosial Youtube di Masa Pandemi Covid-19. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.
Text
Merry Greaceyana_Cover Abstrak_2019072002 - Merry Greace.pdf Download (875kB) |
|
Text
Merry Greaceyana_BAB I_2019072002 - Merry Greace.pdf Download (486kB) |
|
Text
Merry Greaceyana_BAB II_2019072002 - Merry Greace.pdf Download (542kB) |
|
Text
Merry Greaceyana_BAB III_2019072002 - Merry Greace.pdf Download (182kB) |
|
Text
Merry Greaceyana_BAB IV_2019072002 - Merry Greace.pdf Restricted to Repository staff only Download (935kB) | Request a copy |
|
Text
Merry Greaceyana_BAB V_2019072002 - Merry Greace.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) | Request a copy |
|
Text
Merry Greaceyana_Daftar Pustaka_2019072002 - Merry Greace.pdf Download (15kB) |
Abstract
Di masa pandemi seperti ini, beban tanggung jawab rumah sakit meningkat drastis, selain menangani pasien suspect maupun terkonfirmasi positif, ada banyak krisis yang dialami seperti krisis Alat Pelindung Diri (APD), tenaga medis, ruang perawatan isolasi bertekanan negative, oksigen dan juga krisis kepercayaan dari masyarakat. Selain melakukan fungsi pengobatan, rumah sakit juga harus melakukan fungsi pencegahan, promosi dan rehabilitasi di masa pandemi Covid-19. Dalam kondisi seperti inilah peran hubungan masyarakat (Humas) sangat dibutuhkan untuk edukasi kepada masyarakat sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19. Edukasi ini melalui informasi yang diberikan kepada masyarakat melalui berbagai media termasuk media sosial YouTube, yang paling banyak diakses masyarakat Indonesia saat ini. Dalam penelitian ini, peneliti memilih RSUD Dr. Moewardi karena ini satu-satunya rumah sakit kelas A Pendidikan yang ada di Solo Raya dan menjadi pusat rujukan untuk penanganan Covid-19. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori “Nine Steps of Strategic Public Relations” oleh Ronald D.Smith. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualtitatif dengan penentuan narasumber sebagai penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Dalam menguji keabsahan data dilakukan pengamatan secara terus menerus dan trianggulasi sumber. Hasil dari penelitian ini, Humas RSUD Dr. Moewardi strategi Humas RSUD Dr. Moewardi dalam membentuk citra rumah sakit melalui media sosial YouTube di masa pandemi dinilai sesuai dengan teori “Nine Steps of Strategic Public Relations” oleh Ronald D.Smith yaitu analyzing the situation (analisa situasi), analyzing the organization (analisa organisasi), analyzing the public (analisis publik), establishing goals and objective (menetapkan sasaran dan tujuan, formating action and response strategies (aksi merumuskan sasaran dan strategi respon), using effective communication (merancang komunikasi efektif), choosing communication tactics (memilih taktik komunikasi), implementing the strategic plan (implementasi perencanaan strategi), evaluating the strategic plan (evaluasi perencanaan strategi) dan citra RSUD Dr. Moewardi yang terbentuk di masyarakat adalah citra positif sesuai dengan harapan RSUD Dr. Moewardi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Humas, Public Relations, Citra, YouTube |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Dwi Ratna Sari |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 06:28 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 06:28 |
URI: | http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/2359 |
Actions (login required)
View Item |