Rancangan Buku Cerita Bergambar Dongeng Anak La Golo dari Dompu, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat

ANGGORO, Bayu and Toekio, Soegeng and Lukitasari, Evelyne Henny (2014) Rancangan Buku Cerita Bergambar Dongeng Anak La Golo dari Dompu, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Skripsi thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
TA BAYU ANGGORO-COVER + ABSTRAK -Hlm. 1-16.pdf

Download (760kB)
[img] Text
TA BAYU ANGGORO-BAB I - Hlm. 17-23.pdf

Download (135kB)
[img] Text
TA BAYU ANGGORO-BAB II - Hlm. 24-62.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (723kB)
[img] Text
TA BAYU ANGGORO-BAB III- Hlm. 63-77.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
TA BAYU ANGGORO-BAB IV - Hlm. 78-91.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
TA BAYU ANGGORO-BAB V- Hlm. 92-94.pdf

Download (97kB)
[img] Text
TA BAYU ANGGORO-DAFTAR PUSTAKA- Hlm.95-96.pdf

Download (91kB)
[img] Text
TA BAYU ANGGORO-LAMPIRAN- Hlm.97-103.pdf

Download (955kB)

Abstract

Buku cerita bergambar merupakan sesuatu yang tidak asing dalam kehidupan anak-anak. Di samping itu, buku adalah sebuah media yang baik bagi anak-anak untuk belajar membaca. Buku cerita bergambar merupakan kesatuan cerita disertai dengan gambar-gambar yang berfungsi sebagai penghias dan pendukung cerita yang dapat membantu proses pemahaman terhadap isi buku tersebut. Media gambar yang digunakan dalam pembelajaran akan diingat lebih lama karena bentuknya yang konkrit dan tidak bersifat abstrak melalui buku cerita bergambar, diharapkan pembaca dapat dengan mudah menerima informasi dan deskripsi cerita yang hendak disampaikan serta dapat untuk berimajinasi. Perancangan buku cerita bergambar La Golo dengan ukuran 28,5cm x 18cm, untuk cover menggunakan bahan kertas Art Paper 260 grm, dan untuk isi cerita bahan kertas yang digunakan Art Paper 150 grm. Ilustrasi yang digunakan yaitu gabungan teknik ilustrasi manual dengan teknik gambar komputer dengan ilustrasi full color. Teks judul bercirikan sederhana, jelas, dan singkat. Unsur tipografi menggunakan jenis huruf Snap ITC, Scrogglet dan, Happy Sans. Unsur warna yang dominan Coklat, Biru, hijau, merah, putih. Unsur tata letak (layout) menempatkan judul di atas, nama pengarang di bagian bawah. Analisis dari desain visual cerita bergambar secara utuh ditinjau dari ilustrasi gambar menunjukkan kebudayaan Sumbawa yang menjadi latar belakang cerita, dengan mengenalkan ornamen-ornamen pada motif kain, bangunan teradisional, serta asesoris pelengkap. Porsi gambar memiliki porsi lebih luas dibandingkan dengan teks narasi. Batas-batas gambar, secara langsung akan terlihat kontras dengan background warna coklat dan hijau sehingga gambar dapat langsung dilihat dengan sempurna. Agar menarik perhatian target audien, sebuah cergam harus didesain semenarik mungkin. Desain dimulai dari sampul cergam yang harus disesuaikan dengan isi dan cerita. Semuanya juga ditunjang oleh berbagai media pendukungnya yang menarik dan kreatif mulai dari anime, merchandise, dan sebagainya yang membuat media promosi dari sebuah produk dapat mempengaruhi masyarakat untuk membeli produknya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Desain Komunikasi Visual, Cerita Bergambar, Dongeng Anak La Golo
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Yohana W
Date Deposited: 24 Jan 2023 01:42
Last Modified: 01 Aug 2024 07:45
URI: http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/2491

Actions (login required)

View Item View Item