Strategi Komunikasi Public Relations Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Purwa Tirta Dharma dalam Pemenuhan Kebutuhan Air Bersih Masyarakat Kabupaten Grobogan.

SETIAWAN, Andika Ardi and Musta'an, Musta'an and Rosanah, Rosanah (2018) Strategi Komunikasi Public Relations Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Purwa Tirta Dharma dalam Pemenuhan Kebutuhan Air Bersih Masyarakat Kabupaten Grobogan. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
ANDIKA ARDI SETIAWAN_3_ABSTRAK.pdf

Download (180kB)
[img] Text
ANDIKA ARDI SETIAWAN_4_BAB_I.pdf

Download (182kB)
[img] Text
ANDIKA ARDI SETIAWAN_5_BAB_II.pdf

Download (371kB)
[img] Text
ANDIKA ARDI SETIAWAN_6_BAB_III.pdf

Download (180kB)
[img] Text
ANDIKA ARDI SETIAWAN_7_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
ANDIKA ARDI SETIAWAN_8_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
ANDIKA ARDI SETIAWAN_9_DAFPUST-LAMPIRAN.pdf

Download (538kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi public relations yang dilakukan PDAM Purwa Tirta Dharma Kabupaten Grobogan untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kabupaten Grobogan. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan yang bersifat kualitatif. Dalam penelitian menggunakan teknik pengambilan purposive sampling dimana teknik ini mencakup orang-orang yang diseleksi berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Responden dalam penelitian ini adalah kepala PDAM dan Koordinator Humas PDAM. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, pengumpulan data dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi komunikasi yang diterapkan PDAM Purwa Tirta Dharma Kabupaten Grobogan adalah Penelitian (Research) yaitu melihat kondisi geografis Kabupaten Grobogan, Perencanaan (Plan)yang dilakukan dalam bentuk dropping air dan melakukan strategi komunikasi, Pelaksanaan (Execute) yang dilakukan meliputi bisnis plan, rispam dan jakstrad, Pengukuran (Measure) yang dilakukan adalah untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan dan Pelaporan (Report) dengan membuat serta melaporkan kegiatan PDAM secara rutin (2) PDAM Tirta Dharma Kabupaten Grobogan dalam upaya menyediakan air bersih bagi masyarakat mengunakan tiga strategi komunikasi yaitu media cetak berupa brosur, media tatap muka langsung, dan melalui periklanan (3) Melalui humas selalu melakukan perbaikan-perbaikan pelayanan kepada masyarakat untuk meningkatkan citra positif sebagai perusahaan daerah dan memberikan kontribusi yang berarti bagi pemerintah Kabupaten Grobogan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Agung Ferdiyanto Hapsah
Date Deposited: 23 Mar 2021 06:49
Last Modified: 01 Aug 2022 08:28
URI: https:///id/eprint/257

Actions (login required)

View Item View Item