Hubungan Layanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien Rawat Inap di RSJD Surakarta

IRAWAN, Rizki Satria and Widiyono, Widiyono and Putra, Fajar Alam (2023) Hubungan Layanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien Rawat Inap di RSJD Surakarta. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
Rizki Satria Irawan_Cover_2021122047. - Rizki Satria Irawan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Rizki Satria Irawan_Abstrak_2021122047. - Rizki Satria Irawan.pdf

Download (255kB)
[img] Text
Rizki Satria Irawan_BAB I_2021122047. - Rizki Satria Irawan.pdf

Download (164kB)
[img] Text
Rizki Satria Irawan_BAB II_2021122047. - Rizki Satria Irawan.pdf

Download (112kB)
[img] Text
Rizki Satria Irawan_BAB III_2021122047. - Rizki Satria Irawan.pdf

Download (240kB)
[img] Text
Rizki Satria Irawan_BAB IV_2021122047. - Rizki Satria Irawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text
Rizki Satria Irawan_BAB V_2021122047. - Rizki Satria Irawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text
Rizki Satria Irawan_Daftar Pustaka_2021122047. - Rizki Satria Irawan.pdf

Download (110kB)
[img] Text
Rizki Satria Irawan_Lampiran_2021122047. - Rizki Satria Irawan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang : Konsep kualitas layanan yang berkaitan dengan kepuasan ditentukan oleh lima unsur yang bisa dikenal dengan istilah kualitas layanan “RATER” (responsiveness, assurance, tangible, empathy dan reliability) (Nursalam 2016). Kepuasan pasien dan keluarga tergantung pada kualitas pelayanan. Suatu pelayanan dikatakan baik oleh pasien maupun keluarga ditentukan oleh kenyataan apakah jasa yang diberikan bisa memenuhi kebutuhan pasien atau keluarga pasien dengan menggunakan persepsi tentang pelayanan yang diterima memuaskan atau mengecewakan juga termasuk lamanya waktu pelayanan (Purba dkk, 2015). Dengan demikian kepuasan pasien dirumah sakit tergantung bagaimana pelayanan yang diberikan oleh pihak rumah sakit tersebut. Namun pelayanan yang diberikan masih ada yang belum sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pasien dan kepuasan pasien masih belum sesuai dengan standar . Tujuan : Untuk mengetahui hubungan layanan keperawatan dengan kepuasan keluarga pasien rawat inap di RSJD Surakarta Metode : Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian korelasi dan menggunakan metode cross sectional. Penelitian ini dilakukan bulan Juni dengan sampel sebanyak 50 responden Hasil : hasil uji bivariat menggunakan Analisa Kendall’s tau di dapatkan hasil nilai koefisien korelasi = 0,778 yang artinya korelasi kuat dan bernilai positif yaitu hubungan kedua variabel searah.dan nilai Signifikansi 0,001 yang artinya hipotesis diterima yaitu ada hubungan antara layanan keperawatan dan kepuasan keluarga Kesimpulan : ada hubungan antara layanan keperawatan dengan kepuasan keluarga

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: layanan keperawatan, kepuasan, keluarga
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Dwi Ratna Sari
Date Deposited: 31 Jan 2024 07:20
Last Modified: 31 Jan 2024 07:20
URI: https:///id/eprint/2759

Actions (login required)

View Item View Item