Hubungan antara Self Efficacy dan Regulasi Emosi terhadap Resiliensi Akademik pada Mahasiswa

FAHRUNISA, Aufi Rahma and Rachmawati, Anniez and Rifayani, Hastuti (2024) Hubungan antara Self Efficacy dan Regulasi Emosi terhadap Resiliensi Akademik pada Mahasiswa. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
Cover + Abstrak - Aufi Rahma - 2020031014_PSIKOLOGI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI AUFI RAHMA_2020031014_PSIKOLOGI.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI AUFI RAHMA_2020031014_PSIKOLOGI.pdf

Download (535kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI AUFI RAHMA_2020031014_PSIKOLOGI.pdf

Download (567kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI AUFI RAHMA_2020031014_PSIKOLOGI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V SKRIPSI AUFI RAHMA_2020031014_PSIKOLOGI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka - Aufi Rahma - 2020031014_PSIKOLOGI.pdf

Download (382kB)
[img] Text
Lampiran - Aufi Rahma - 2020031014_PSIKOLOGI.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://journal-mandiracendikia.com/index.php/mdi/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dan regulasi emosi terhadap resiliensi akademik pada mahasiswa di Surakarta. Subjek dalam penelitian ini yaitu mahasiswa aktif yang berasal dari perguruan tinggi di kota Surakarta dengan subjek penelitian sebanyak 150 mahasiswa dan menggunakan metode purposive random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket skala yang mengacu pada teori self efficacy milik Bandura (1997), angket yang mengacu pada teori regulasi emosi dari Gross (2014), dan angket resiliensi akademik milik Cassidy (2016). Analisis yang digunakan untuk penelitian ini adalah analisis deskriptif dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh secara parsial maupun secara simultan antara self efficacy dan regulasi emosi terhadap resiliensi akademik mahasiswa. Hasil analisis menyatakan pada variabel self efficacy dan regulasi emosi terhadap variabel resiliensi akademik memiliki nilai signifikansi masing-masing adalah sebesar 0,000 serta nilai r square sebesar 0,652 yang mana dalam penelitian ini menyatakan bahwa hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi self efficacy dan regulasi emosi mahasiswa maka akan semakin tinggi pula resiliensi akademik pada mahasiswa dan begitu juga sebaliknya, semakin rendah tingkat self efficacy dan regulasi emosi maka semakin rendah pula resiliensi akademik pada mahasiswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Self efficacy, Regulasi Emosi, Resiliensi Akademik, Mahasiswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Psikologi
Depositing User: Yohana W
Date Deposited: 27 Mar 2024 03:13
Last Modified: 27 Mar 2024 03:13
URI: https:///id/eprint/2843

Actions (login required)

View Item View Item