LITAZARY, Faradila and Devi, Anita Oktaviana Trisna and Indriastiningsih, Erna (2024) Pengembangan Produk Dessert Box dengan Mempertimbangkan Preferensi Konsumen Menggunakan Metode Conjoint Analysis. In: Proceeding Mercu Buana Conference on Industrial Engineering - Downstreaming Research and Entrepreneurship in The Digital Era: Challenging And Opportunities, Juli 2024, Jakarta.
![]() |
Text
Faradila Litazary_Skripsi Cover + Abstrak_2021052042 - Faradila Litazary.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Faradila Litazary_Skripsi BAB I_2021052042 - Faradila Litazary.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Faradila Litazary_Skripsi BAB II_2021052042 - Faradila Litazary.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Faradila Litazary_Skripsi BAB III_2021052042 - Faradila Litazary.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Faradila Litazary_Skripsi BAB IV_2021052042 - Faradila Litazary.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Faradila Litazary_Skripsi BAB V_2021052042 - Faradila Litazary.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Faradila Litazary_Daftar Pustaka_2021052042 - Faradila Litazary.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Faradila Litazary_Lampiran_2021052042 - Faradila Litazary.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pengembangan produk adalah hal yang dilakukan oleh perusahaan untuk melengkapi produk yang dimiliki dengan tujuan memenuhi kebutuhan konsumen yang berbeda beda. Melakukan inovasi produk adalah salah satu cara yang jitu untuk menghadapi berbagai persaingan yang ada. Desssert box adalah salah satu inovasi produk yang dimiliki oleh Atifa Kitchen. Dessert box ini hanya memiliki satu ukuran dan satu varian rasa. Awal diciptakan dessert box ini sangat disambut hangat oleh konsumen. Tetapi seiring berjalan nya waktu penjualan dessert box ini mengalami penurunan yang cukup signigfikan. Oleh karena itu perlu dilakukan pengembangan produk. Pegembangan dessert box ini dilakukan dengan mengetahui hal yang disukai konsumen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui usulan pengembangan produk dessert box dengan mempertimbangkan preferensi konsumen. Pengembangan produk dalam penelitian ini menggunakan metode Conjoint Analysis bertujuan memperoleh stimulus yang disukai oleh konsumen, memperoleh nilai kepentingan masing-masing atribut, dan memperoleh usulan pengembangan produk. Didapatkan empat atribut dengan nilai tertinggi pada dessert box sesuai dengan keinginan konsumen, yaitu rasa, visual, harga, serta packaging. Empat level dari atribut rasa yaitu dark choco, vanilla cheese, lotus, dan tiramisu. Atribut visual memiliki tiga level yaitu minimalis, elegan, colorfull. Atribut harga memiliki tiga level yaitu 20.000-30.000 (150ml), 30.000-40.000 (350ml), dan 40.000-50.000 (450ml). Atribut packaging memiliki tiga level yaitu praktis (mudah dibawa), aman (melindungi isi produk), dan estetika (menarik). Berdasarkan preferensi konsumen, terdapat 16 kombinasi atribut dessert box. Kombinasi produk terbaik yaitu dessert box rasa dark choco dengan visual elegan dan harga 20.000-30.000 (150 ml) serta packaging estetika (menarik).
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Produk, Conjoint Analysis, Preferensi Konsumen |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor |
Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Teknik Industri |
Depositing User: | Dwi Ratna Sari |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 07:44 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 07:44 |
URI: | http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/3070 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |