SALSABILA, Mutia and Wisudawanto, Rahmat and Indreswari, Esfandani Peni (2024) Strategi Digital Public Relation dalam Sosialisasi Program UMKM Juara di Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (DISKUK) Provinsi Jawa Barat. Skripsi thesis, Universitas Sahid Surakarta.
![]() |
Text
Mutia Salsabila_Cover + Abstrak_2020071003 - Mutia salsabila.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Mutia Salsabila_Bab I_2020071003 - Mutia salsabila.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Mutia Salsabila_Bab II_2020071003 - Mutia salsabila.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Mutia Salsabila_Bab III_2020071003 - Mutia salsabila.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Mutia Salsabila_Bab IV_2020071003 - Mutia salsabila.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Mutia Salsabila_BAB V_2020071003 - Mutia salsabila.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Mutia Salsabila_Daftar Pustaka_2020071003 - Mutia salsabila.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Mutia Salsabila_Lampiran_2020071003 - Mutia salsabila.pdf Download (2MB) |
Abstract
Program UMKM juara ini menargetkan peserta dari wirausaha di Jawa Barat yang mau berkomitmen untuk maju dan berkembang dibidang bisnis. Dari program UMKM juara ini, UMKM akan naik kelas dan memanfaatkan teknologi dalam berbisnis, khusus nya teknologi informasi untuk mencapai pasar yang luas. Oleh karena itu dibutuhkan strategi publikasi humas digital untuk menghasilkan pesan yang mudah dipahami oleh public dan efektif dalam penyampaian, Sehingga penelitian ini bertujuan menganalisis strategi digital public relation dalam sosialiasi program UMKM juara di Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (DISKUK) Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan sumber data primer yaitu staf humas DISKUK JABAR serta akun Instagram dan juknis DISKUK JABAR sebagai sumber data sekunder. Setelah itu data primer dalam penelitian ini hasil wawancara dengan bagian humas DISKUK JABAR. Data sekunder nya adalah dari unggahan akun Instagram DISKUK JABAR. Penelitian ini menggunakan strategi digital public relation dari Holtz (2009) yang meliputi the goals, strategy, objective dan tactics sehingga ditemukan hasil dari penelitian yaitu DISKUK JABAR sudah menerapkan strategi digital public relation. Serta hasil SWOT menunjukan tahap dari strategi digital public relation sudah diimplementasikan. Sementara itu adapun strategi digital public relation yang masih kurang dalam program UMKM juara adalah dengan kurangnya strategi digital public relation dalam tahap strategy dan Objective. Hal ini disebabkan kurangnya sosialisasi pada kegiatan mengenai kurikulum pendamping dan adanya keterbatasan sumber daya manusia dalam melakukan tahap pendampingan monitoring dan evaluasi. Oleh karena itu program UMKM juara ini dapat mengakibatkan kurangnya efektivitas dalam implementasikan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Digital Public Relations, UMKM juara, DISKUK JABAR |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Dwi Ratna Sari |
Date Deposited: | 19 May 2025 02:28 |
Last Modified: | 19 May 2025 02:28 |
URI: | http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/3085 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |