PAHLEVI, Nadia Rizky and Wisudawanto, Rahmat and Musta'an, Musta'an (2017) Hambatan dan Strategi Komunikasi Antarpribadi Pekerja Sosial di Panti Pelayanan Sosial Wanita "Wonodyatama" Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Sahid Surakarta.
![]() |
Text
Skripsi Hal. Awal.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
Skripsi Bab I.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
Skripsi Bab II.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
Skripsi Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
Skripsi Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (22MB) |
![]() |
Text
Skripsi Bab V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Download (17MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengklasifikasikan hambatan komunikasi antarpribadi yang dihadapi oleh Pekerja Sosial serta untuk menjelaskan strategi komunikasi dalam mengatasi hambatan komunikasi yang dihadapi oleh Pekerja Sosial di Panti Pelayanan Sosial Wanita (PPSW) "Wanodyatama" Surakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah Pekerja Sosial (Peksos) di PPSW "Wanodyatama" Surakarta. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil observasi, kuesioner, data dari Panti, serta artikel ilmiah yang relevan dengan penelitian ini. Selanjutnya teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan total sampling. Adapun teknik pengambilan datanya melalui observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa hambatan komunikasi antarpribadi yang dihadapi oleh Peksos pada PM di PPSW "Wanodyatama" Surakarta yang dominan meliputi: (1) Komunikan dan (2) Psikologis. Adapun strategi dalam melaksanakan komunikasi antarpribadi yang diterapkan oleh Peksos pada Penerima Manfaat (PM) di Panti meliputi strategi (1) Clarity (Kejelasan), (2) Capability of Audience (Kemampuan Komunikan). (3) Channels of Distribution (Prasarana). (4) Credibility (Kepercayaan), (5) Content, dan (6) Continulty and Consistency (Konsistensi). Strategi yang dominari dalam mengatasi hambatan Komunikan adalah Credibility (Kepercayaan) dan Clarity (Kejelasan), dan strategi yang dominan untuk mengatasi hambatan Psikologis adalah Capability of Audience (Kemampuan Komunikan).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hambatan, Strategi, Komunikasi Antarpribadi, Panti Pelayanan Sosial Wanita "Wanodyatama" Surakarta. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Dwi Ratna Sari |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 08:06 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 08:06 |
URI: | http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/3271 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |