Hubungan Antara Gaya Mengajar Guru dengan Interaksi Sosial Terhadap Prestasi Belajar Pelajaran Matematika di SMK PGRI 1 Surakarta

NINGSIH, Nur Wigati and Janah, Muslichah R and Rifayani, Hastuti (2014) Hubungan Antara Gaya Mengajar Guru dengan Interaksi Sosial Terhadap Prestasi Belajar Pelajaran Matematika di SMK PGRI 1 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
Skripsi Hal. Awal.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Skripsi Bab I.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Bab II.pdf

Download (21MB)
[img] Text
Skripsi Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
Skripsi Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya mengajar guru dengan interaksi sosial siswa serta gaya mengajar guru dengan prestasi belajar dan interaksi sosial dengan prestasi belajar siswa dalam menerima pelajaran matematika. Alat ukur yang digunakan adalah skala gaya mengajar guru, skala interaksi sosial serta mengunakan nilai prestasi belajar matematika. Populasi adalah siswa SMK PGRI 1 Surakarta dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa, yang diperoleh melalui teknik purpossive random sampling. Metode analisis data yang digunakan dengan teknik analisis Product Moment dari Pearson dengan bantuan SPSS for Windows Release 21.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara gaya mengajar guru dengan prestasi belajar, ditunjukkan nilai korelasi (r) sebesar 0,468; p = 0,002 (p<0,05) artinya Semakin baik gaya mengajar guru maka semakin baik pula prestasi belajar siswa, begitu pula sebaliknya semakin tidak baik gaya mengajar guru maka semakin tidak baik pula prestasi belajar siswa. Analisis selanjutnya interaksi sosial dengan prestasi belajar siswa diperoleh nilai koefisien korelasi (r) 0,524; p = 0,001 (p<0,05), artinya Semakin baik interaksi sosial guru maka semakin baik pula prestasi belajar siswa, begitu pula sebaliknya semakin tidak baik interaksi sosial guru maka semakin tidak baik pula prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gaya Mengajar Guru, Interaksi Sosial, Prestasi Belajar, Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Psikologi
Depositing User: Dwi Ratna Sari
Date Deposited: 08 Jul 2025 08:15
Last Modified: 08 Jul 2025 08:15
URI: http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/3280

Actions (login required)

View Item View Item