Perilaku Menyontek pada Siswa Ditinjau dari kepercayaan Diri dan Strategi Coping

SOLAGRASIA, Kartika and Musslifah, Anniez Rachmawati and Rifayani, Hastuti (2014) Perilaku Menyontek pada Siswa Ditinjau dari kepercayaan Diri dan Strategi Coping. Skripsi thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
Skripsi Hal. Awal.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Skripsi Bab I.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi Bab II.pdf

Download (16MB)
[img] Text
Skripsi Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
Skripsi Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] Text
Skripsi Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (9MB)

Abstract

Perilaku menyontek merupakan salah satu fenomena pendidikan yang sering muncul dalam proses belajar mengajar. Namun para guru dan pendidik hingga kini masih terus bingung karena belum berhasil menemukan metode tercanggih untuk menghentikan kebiasaan menyontek anak-anak didik. Salah satu faktor penyebab anak didik melakukan perilaku menyontek adalah adanya tekanan untuk mendapat nilai yang baik dalam ujian dan mencapai prestasi yang terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan perilaku menyontek pada siswa dalam menghadapi ujian dan untuk mengetahui hubungan antara strategi coping dengan perilaku menyontek pada siswa dalam menghadapi ujian. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Perilaku Menyontek, Skala Kepercayaan Diri dan Skala Strategi Coping. Populasi adalah siswa-siswi SMA Kristen 1 Surakarta dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang, yang diperoleh melalui teknik cluster random sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier ganda dengan bantuan SPSS for Windows Release 16,0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan perilaku menyontek pada siswa dalam menghadapi ujian dengan diperoleh p value sebesar 0,459 > 0,05. Analisis data berikutnya menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara strategi coping dengan perilaku menyontek pada siswa dalam menghadapi ujian, dibuktikan dengan p value sebesar 0,000 < 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa variabel strategi coping mencakup aspek-aspek yang ada di dalamnya dapat dijadikan sebagai prediktor untuk memprediksi atau mengukur perilaku menyontek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Diri, Perilaku Menyontek, Strategi Coping
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Psikologi
Depositing User: Dwi Ratna Sari
Date Deposited: 08 Jul 2025 08:16
Last Modified: 08 Jul 2025 08:16
URI: http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/3281

Actions (login required)

View Item View Item