Strategi Pemasaran Perusahaan Furniture CV Inter Mandiri dalam Meningkatkan Penjualan dan Menghadapi Persaingan

HARYONO, Anggar Wahudi and Hariyono, Hariyono and Nurmansyah, Agung (2004) Strategi Pemasaran Perusahaan Furniture CV Inter Mandiri dalam Meningkatkan Penjualan dan Menghadapi Persaingan. Skripsi thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
Skripsi Hal. Awal.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi Bab I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Skripsi Bab II.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Skripsi Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] Text
Skripsi Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (4MB)

Abstract

Perusahaan Furniture CV INTER MANDIRI merupakan perusahaan furniture yang menghasilkan produk teak garden furniture dan teak/mahogany indoor furniture. Dalam skripsi ini penulis ingin mengetahui elemen - elemen dari SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) yang akan digunakan dalam menentukan strategi pemasaran faktor internal dan eksternal perusahaan. Mengetahui posisi Perusahaan Furniture CV INTER MANDIRI. Dan menentukan strategi pemasaran perusahaan yang berorientasi pada keunggulan daya saing melalui aplikasi analisa SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Adapun metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode SWOT yaitu SAP (faktor internal) dan ETOP (faktor eksternal). Selanjutnya diimplementasikan dalam strategi pemasaran yang sesuai dengan posisi keberadaannya. Faktor-faktor internal yang ada di Perusahaan Mebel CV INTER MANDIRI meliputi kualitas produk, kayu, desain, konstruksi mebel, fasilitas produksi, promosi, distribusi, harga, penguasaan bahan baku, modal, pendidikan dan pengetahuan karyawan, keterampilan karyawan, variasi produk, segmentasi pasar, penguasaan pasar, letak/lokasi perusahaan. Sedangkan faktor-faktor eksternal yang merupakan peluang adalah brand image, daya beli konsumen, demografi dan pertumbuhan pemukiman. Sementara itu, tehnologi yang masih rendah, pesaing, kenaikan tarif BBM dan listrik, telepon dan peraturan pemerintah merupakan ancaman bagi Perusahaan Mebel CV INTER MANDIRI. Hasil dari penelitian ini adalah Analisis SAP, ternyata Perusahaan Mebel CV INTER MANDIRI berada pada posisi Strong Analisis ETOP, berada pada posisi Spekulatif. Dari kedua posisi tersebut, diperoleh matrik SWOT yang menunjukkan bahwa Perusahaan Mebel CV INTER MANDIRI pada posisi invest yang berarti mempunyai alternatif strategi. Adapun strategi yang sesuai adalah strategi pertumbuhan yang diimplementasikan melalui strategi konsentrasi, integrasi horisontal dan diversifikasi konsentris.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Administrasi Bisnis
Depositing User: Dwi Ratna Sari
Date Deposited: 11 Jul 2025 07:20
Last Modified: 11 Jul 2025 07:20
URI: http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/3309

Actions (login required)

View Item View Item