Implementasi Manajemen Event pada Divisi Public Relations The Sunan Hotel Solo

AMELLIA, Renny and Musta'an, Musta'an and Putri, Sofia Ningsih Rahayu (2019) Implementasi Manajemen Event pada Divisi Public Relations The Sunan Hotel Solo. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (97kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (131kB)

Abstract

Surakarta yang juga disebut Kota Solo merupakan salah satu kota wisata di Jawa Tengah. Para pengunjung domestik dan mancanegara mulai tertarik ke Solo dan berpengaruh terhadap perkembangan banyaknya hotel di Solo. Usaha perhotelan perlu merancang strategi yang diterapkan untuk mencapai target pasar tersebut yang dilakukan oleh Public Relations. Salah satu strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Public Relations untuk meningkatkan penjualan jasa yaitu melalui event. Oleh sebab itu, The Sunan Hotel Solo merancang strategi komunikasi pemasaran melalui event untuk mencapai target pasar tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di The Sunan Hotel Solo. Sumber data adalah orang-orang yang terkait dengan penelitian ini, yaitu: Public Relations hotel The Sunan Hotel Solo, Marketing The Sunan Hotel Solo, dan masyarakat pengguna The Sunan Hotel Solo. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini akan menggunakan beberapa metode yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menguji kebenaran data, digunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan interpretatf. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu : 1) Implementasi strategi komunikasi manajemen event pada divisi Public Relations The Sunan Hotel Solo dianalisis berdasarkan Event Concept Developmment Process, yaitu membuat ide acara, menentukan tujuan, proses penyaringan, percobaan, penyempurnaan konsep, pelaksanaan dan pengawasan, dan mengevaluasi. 2) Kendala kurang komunikasi antara The Sunan Hotel Solo dengan pemerintah dalam menyelenggarakan setiap event. Dalam hal ini The Sunan Hotel Solo kurang berinisiatif untuk bekerja sama dengan pemerintah. Solusi yang dilakukan yaitu The Sunan Hotel Solo berinisiatif untuk melakukan komunikasi terlebih dahulu dengan pemerintah daerah, sehingga pelaksanaan event semakin baik dan berjalan lancar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Agung Ferdiyanto Hapsah
Date Deposited: 24 Mar 2021 03:30
Last Modified: 01 Aug 2022 06:49
URI: http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/334

Actions (login required)

View Item View Item