WINARNI, Putri Parti and Martoatmodjo, Soegeng Toekio and Yulianto, Arif (2018) Perancangan Media Promosi Boneka Karakter Barbie oleh Bricko's Felt Solo. Skripsi thesis, Universitas Sahid Surakarta.
Text
PUTRI PARTI WINARNI_1_COVER.pdf Download (185kB) |
|
Text
PUTRI PARTI WINARNI_3_ABSTRAK.pdf Download (233kB) |
|
Text
PUTRI PARTI WINARNI_4_BAB_I.pdf Download (361kB) |
|
Text
PUTRI PARTI WINARNI_5_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (450kB) |
|
Text
PUTRI PARTI WINARNI_6_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (476kB) |
|
Text
PUTRI PARTI WINARNI_7_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
PUTRI PARTI WINARNI_8_BAB_V.pdf Download (165kB) |
|
Text
PUTRI PARTI WINARNI_9_DAFPUST-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Subjek penelitian ini ialah mengenai perancangan media promosiboneka karakter oleh produsen boneka handmadeBricko’s Felt di Surakarta. Perancangan media promosi dan pelaksanaan promosi dalam tulisan ini dibahas dengan menggunakan teori komunikasi yang diungkapkan oleh Lasswell (1960) dengan lima analisa yaitu (1) Who, (2) Say Whats, (3) In which Channel, (4) To whom, dan (5) With what effect. Kelima analisis yang dilakukan Lasswell tersebut dapat dipergunakan sebagai strategi Bricko’s Felt dalam mempromosikan produk boneka karakter yang diproduksinya.Pada teori komunikasi yang diungkapkan Lasswell terdapat empat hal penting yaitu, (1) Komunikator adalah pihak yang menyampaikan maksud, (2) Media yang dipergunakan, (3) Konsumen, dan (4) Dampak yang dihasilkan. Dalam pembahasan disampaikan latar belakang boneka Barbie dan kaitannya dengan produk Bricko’s Felt, media promosi yang digunakan, dan produk pendukung dalam pelaksaan promosi. Pada produk media promosimenggunakan layout Picture Window Layoutdimana tata letak iklan dimana produk yang diiklankan ditampilkan secaraclose up. Bisa dalam bentuk produknya itu sendiri atau juga bisa menggunakan model (public figure).Gaya desain seperti ini akan membuat tampilan media promosi mudah dipahami oleh konsumen karena tidak terlalu banyak elemen yang ditampilkan. Desain seperti ini juga akan memudahkan konsumen untuk mengetahui jenis produk yang dimiliki oleh Bricko’s Felt secara jelas.Penelitian ini merupakan studi kasus dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, observasi, wawancara, dan pendokumentasian, dan hasil produk media promosi. Permasalahan yang ditemukan dijelaskan dengan metode deskriptif. Selain proses tersebut penulis juga melakukan produksi media pendukung dari produk Bricko’s Felt. Karya pendukung berwujud merchandise dan kemasan untuk pembelian produk Bricko’s Felt.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Bricko’s Felt memiliki perancangan media promosi boneka karakter dengan produk yang dapat diunggulkan dan media promosi yang dapat mendukung promosi produk dari pengrajin boneka handmade Bricko’s Felt.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bricko’s Felt, Perancangan, Boneka Karakter, Solo |
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Divisions: | Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | Anastasia Sekar Arum |
Date Deposited: | 25 Mar 2021 06:27 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 06:42 |
URI: | http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/357 |
Actions (login required)
View Item |