Animasi 2D Sebagai Media Edukasi Kecemasan pada Mahasiswa di Surakarta

Hasfi Anaz Nizamuddin (2025) Animasi 2D Sebagai Media Edukasi Kecemasan pada Mahasiswa di Surakarta. EC002025116497.

[img] Text
Hasfi Anaz Nizamuddin_Sertifikat HaKi_2021021016.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Hasfi Anaz Nizamuddin_Halaman Awal_2021021016.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Hasfi Anaz Nizamuddin_BAB I-II_2021021016.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Hasfi Anaz Nizamuddin_BAB III-IV_2021021016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62MB) | Request a copy
[img] Text
Hasfi Anaz NIzamuddin_BAB V_2021021016.pdf

Download (403kB)
[img] Text
Hasfi Anaz Nizamuddin_Daftar Pustaka_2021021016.pdf

Download (408kB)
[img] Text
Hasfi Anaz Nizamuddin_Lampiran_2021021016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kecemasan adalah gangguan psikologis yang umum dialami oleh mahasiswa akibat tekanan akademik, sosial, serta tuntutan masa depan. Jika tidak dikelola dengan baik, kecemasan dapat mengganggu fungsi kognitif, menurunkan semangat belajar, dan berdampak pada kualitas hidup mahasiswa secara keseluruhan. Namun, media edukasi yang tersedia mengenai kecemasan selama ini masih bersifat informatif dan belum menyentuh aspek emosional mahasiswa. Oleh karena itu, dibutuhkan media edukasi alternatif yang mampu menyampaikan pesan tentang kecemasan dengan cara yang lebih visual, komunikatif, dan menyentuh emosi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media edukasi berbasis animasi 2D yang dapat menyampaikan pesan tentang kecemasan secara lebih komunikatif dan empatik. Animasi dipilih karena memiliki kekuatan visual untuk menyederhanakan isu-isu kompleks menjadi lebih mudah dipahami serta mampu menyentuh emosi audiens. Proses perancangan dilakukan melalui lima tahap utama: pengembangan, pra-produksi, produksi, pascaproduksi, dan distribusi. Hasil dari perancangan ini adalah sebuah video animasi 2D berjudul Cemas, yang menggambarkan pengalaman mahasiswa dalam menghadapi kecemasan mereka. Struktur naratifnya mengadopsi pendekatan tiga tahap dari teori perubahan Kurt Lewin (1951) unfreezing, changing, dan refreezing, untuk menggambarkan perjalanan psikologis karakter dari kondisi tertekan menuju proses pemulihan. Tokoh utama, Vie, merepresentasikan seorang mahasiswa yang mengalami kecemasan sekaligus melambangkan proses penyembuhan melalui eksplorasi diri dan art therapy. Dengan visualisasi yang empatik dan pendekatan komunikatif, animasi ini diharapkan dapat menjadi media edukasi yang tidak hanya informatif, tetapi juga menyentuh dan relevan secara emosional bagi mahasiswa dengan gangguan kecemasan. Animasi ini dirancang untuk membantu mahasiswa memahami kecemasan, mengenali gejalanya, serta belajar bagaimana cara mengatasinya atau mencari dukungan profesional jika diperlukan.

Item Type: Patent
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, Mahasiswa, Animasi 2D, Media Edukasi, Kesehatan Mental
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Hasfi Anaz Nizamuddin
Date Deposited: 07 Oct 2025 01:37
Last Modified: 07 Oct 2025 01:37
URI: http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/3639

Actions (login required)

View Item View Item