Perancangan Short Video Edukasi “Fomo To Jomo” Untuk Mahasiswa Surakarta

Satriyo Adhe Saputra (2024) Perancangan Short Video Edukasi “Fomo To Jomo” Untuk Mahasiswa Surakarta. EC00202469162.

[img] Text
Muhammad Akmal Farhan Shah_Hal. Awal_2020021032.pdf

Download (839kB)
[img] Text
Muhammad Akmal Farhan Shah_Bab I-II_2020021032.pdf

Download (491kB)
[img] Text
Muhammad Akmal Farhan Shah_Bab III-IV_2020021032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Muhammad Akmal Farhan Shah_V_Haki_2020021032.pdf

Download (218kB)
[img] Text
Muhammad Akmal Farhan Shah_Daftar Pustaka_2020021032.pdf

Download (181kB)
[img] Text
Muhammad Akmal Farhan Shah_Lampiran_2020021032.pdf

Download (584kB)

Abstract

Media sosial merupakan sebuah media online yang dapat digunakan oleh siapa saja yang mengakses internet, pengguna sosial media melakukan aktivitas dengan sosial media seperti berkomunikasi, mencari informasi, sharing suatu hal dan sekedar sebagai hiburan, penggunanya hanya memerlukan handphone dan koneksi internet. Adanya media sosial telah mempengaruhi kehidupan sosial dimasyarakat, yaitu perubahan dalam hubungan sosial. Dampak positif dari media sosial yaitu mempermudah berinteraksi dengan banyak orang, memperluas hubungan, mempermudah mengekspresikan diri, dan membagikan informasi secara mudah dan cepat. Sedangkan dampak negatif dari penggunaan media sosial adalah kecanduan terhadap internet, interaksi secara tatap muka berkurang, dan rentan terhadap pengaruh buruk dari suatu hal yang didapatkan di media sosial, serta penyakit sosial yang di sebut FOMO yaitu Fear Of Missing Out, suatu ketakutan dan kegelisahan terhadap tertinggalnya seseorang terhadap sesuatu, yang mengakibatkan cemas, gelisah dan stres karena terlewat suatu momen tertentu. Dari data yang dikumpulkan dengan menggunakan survei pengisian kuisioner secara daring kepada mahasiswa Surakarta, sebagian besar mahasiswa pengguna sosial media mengalami FOMO karena sosial media, mereka merasa kurang jika tertinggal suatu informasi atau momen yang tidak diketahui oleh mereka. Oleh sebab itu dari data survei tersebut dibuatlah Short Video Edukasi yang berfokus pada pengubahan FOMO Fear of Missing Out menjadi JOMO Joy of Missing Out, yaitu ajakan perubahan sikap terhadap ketertinggalan menjadi menikmati ketertinggalan dengan baik. Short Video Edukasi tersebut akan di share ke semua media sosial yang terdapat fitur video, dengan menggunakan tagar agar dapat tersampaikan dengan tepat.

Item Type: Patent
Additional Information: Pengganti Skripsi berupa HaKI
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Share, Fear of Missing Out, Joy of Missing Out, Short Video, Tagar
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Yohana W
Date Deposited: 15 Sep 2025 10:48
Last Modified: 15 Sep 2025 10:48
URI: http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/3664

Actions (login required)

View Item View Item