Aplikasi Pengenalan Landmark Pariwisata Surakarta Dengan Menggunakan Teknologi Augmented Reality

HENDRATI, Ovi Diansari and Susilo, Dahlan and Al Haris, Firdhaus Hari Saputro (2017) Aplikasi Pengenalan Landmark Pariwisata Surakarta Dengan Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
OVY DIANSARI HENDRATI_3_ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
OVY DIANSARI HENDRATI_1_COVER.pdf

Download (28kB)
[img] Text
OVY DIANSARI HENDRATI_4_BAB_I.pdf

Download (119kB)
[img] Text
OVY DIANSARI HENDRATI_5_BAB_II.pdf

Download (696kB)
[img] Text
OVY DIANSARI HENDRATI_6_BAB_III.pdf

Download (177kB)
[img] Text
OVY DIANSARI HENDRATI_7_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
OVY DIANSARI HENDRATI_8_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
OVY DIANSARI HENDRATI_9_DAFPUST-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu pengembangan dari bidang multimedia untuk memberikan pengenalan landmark pariwisata Surakarta kepada pengunjung agar lebih mudah dalam mencari informasi wisata dengan menggunakan teknologi augmented reality. Tujuan dari adanya penelitian adalah membuat media pengenalan interaktif yang dapat menampilkan objek 3 dimensi menggunakan augmented reality, diharapkan para pengunjung lebih mudah dalam mencari lokasi wisata dan informasi pariwisata Surakarta. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, studi pustaka dan dokumentasi sedangkan metode pengembangan sistem menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Pembuatan aplikasi ini menggunakan berbagai software yaitu Blender untuk pembuatan objek3D, Unity3D untuk membuat augmented reality, Photoshop dan CorelDraw untuk membuat desain layout, marker dan brosur. Hasil penelitian ini adalah mengimplementasikan augmented reality untuk pengenalan landmark pariwisata Surakarta sehingga membuat pengunjung lebih mudah mencari lokasi wisata dan informasi pariwisata Surakarta. Aplikasi ini telah diuji dengan 3 pengujian yaitu pengujian black-box, pengujian device dan pengujian pengguna. Hasil pengujian black-box maka dapat dikatakan seluruh script yang digunakan sesuai dengan yang diharapkan. Hasil pengujian device android juga menunjukkan aplikasi telah compatible di semua smartphone dengan RAM minimal 1GB. Hasil pengujian pengguna pada 20 responden sebagai testee, dimana respon sebanyak 85% menyatakan baik hingga sangat baik sehingga aplikasi yang dibuat sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Informatika
Depositing User: Agung Ferdiyanto Hapsah
Date Deposited: 26 Mar 2021 01:44
Last Modified: 02 Aug 2022 02:09
URI: https:///id/eprint/431

Actions (login required)

View Item View Item