Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Perawatan Puskesmas Pajang Kota Surakarta

RUKMANA, Diah Ardian and Setiyajati, Ari and Haris, Rif Atiningyas (2019) Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Perawatan Puskesmas Pajang Kota Surakarta. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
DIAH ARDIAN RUKMANA_3_ABSTRAK.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DIAH ARDIAN RUKMANA_1_COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
DIAH ARDIAN RUKMANA_4_BAB_I.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DIAH ARDIAN RUKMANA_5_BAB_II.pdf

Download (274kB)
[img] Text
DIAH ARDIAN RUKMANA_6_BAB_III.pdf

Download (224kB)
[img] Text
DIAH ARDIAN RUKMANA_7_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
DIAH ARDIAN RUKMANA_8_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
DIAH ARDIAN RUKMANA_9_DAFPUST-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang:Puskesmas merupakan tempat pelayanan kesehatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Puskesmas adalah Pusat Kesehatan Masyarakat yang berada di kecamatan-kecamatan yang dicetuskan pada tahun 1960-an (Hartono 2010). Ketidakpuasan pasien timbul karena terjadinya kesenjangan antara harapan pasien dengan kinerja layanan kesehatan yang dirasakannya sewaktu menggunakan layanan kesehatan (Pohan, 2009). Caring adalah sentral untuk keperawatan, menjelaskan kepedulian sebagai didasarkan pada seperangkat nilai-nilai kemanusiaan yang universal (kebaikan, kepedulian, dan cinta diri dan orang lain).Tujuan Penelitian:Menganalisis Hubungan antara Perilaku CaringPerawat dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Perawatan Puskesmas Pajang SurakartaMetode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Populasi adalah keseluruha pasien yang menjalani perawatan di Ruang Perawatan Puskesmas Pajang Kota Surakarta, berjumlah 62 orang. Sampel 39 responden dengan teknik purposive sampling. Analisis Data menggunakan Rank-Spearman.Hasil Penelitian: Hasil penelitian diketahui menurut responden paling banyak perawat berperilaku caring kategori cukup. Menurut Potter dan Perry (2014) Caringadalah pemberian perhatian penuh pada klien saat memberikan asuhan keperawatan. Nursalam (2014) perilaku caringperawat merupakan sikap peduli yang memudahkan pasien untuk mencapai peningkatan kesehatan dan pemulihan.Kesimpulan:Terdapat hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Perawatan Puskesmas Pajang Kota Surakarta

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Anastasia Sekar Arum
Date Deposited: 26 Mar 2021 02:36
Last Modified: 01 Aug 2022 07:21
URI: https:///id/eprint/461

Actions (login required)

View Item View Item