Efektifitas Pendidikan Kesehatan Metode Ceramah dan Diskusi terhadap Pengetahuan tentang Bahaya Narkoba pada Murid Kelas IX di SMP N Banyudono

MARTININGSIH, Ari Kustati and Bintoro, Wahyu and Aryani, Atik (2016) Efektifitas Pendidikan Kesehatan Metode Ceramah dan Diskusi terhadap Pengetahuan tentang Bahaya Narkoba pada Murid Kelas IX di SMP N Banyudono. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
ARI KUSTATI MATANINGSIH_3_ABSTRAK.pdf

Download (68kB)
[img] Text
ARI KUSTATI MATANINGSIH_1_COVER.pdf

Download (81kB)
[img] Text
ARI KUSTATI MATANINGSIH_4_BAB_I.pdf

Download (133kB)
[img] Text
ARI KUSTATI MATANINGSIH_5_BAB_II.pdf

Download (123kB)
[img] Text
ARI KUSTATI MATANINGSIH_6_BAB_III.pdf

Download (80kB)
[img] Text
ARI KUSTATI MATANINGSIH_7_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] Text
ARI KUSTATI MATANINGSIH_8_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] Text
ARI KUSTATI MATANINGSIH_9_DAFPUST-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang: Sebanyak 4 juta jiwa (2,18%) dari jumlah penduduk Indonesia merupakan penyalahguna narkotika dengan usia populasi 10-59 tahun, dari 4 juta tersebut 1,6 juta tercatat dalam tahap coba pakai, 1,4 juta orang pemakai teratur dan 943 ribu orang merupakan pecandu narkotika. Hasil wawancara penulis dengan staf pengajar SMP N 1 Banyudono, di sekolah ini pernah diberikan penyuluhan tentang narkoba bagi siswasiswinya. Tetapi pengukuran sejauh mana tingkat pengetahuan tentang narkoba itu sendiri belum pernah dilakukan, dan dalam studi pendahuluan yang dilakukan, dari 10 orang murid kelas IX, 5 orang murid mempunyai pengetahuan tentang narkoba dan bahayanya dengan baik, 3 orang cukup mengetahui dan 2 orang lagi kurang mengetahui. Tujuan: Mengetahui efektifitas Pendidikan kesehatan dengan metode ceramah dan diskusi terhadap pengetahuan tentang bahaya narkoba pada murid kelas IX di SMPN 1 Banyudono. Metode: Jenis penelitian ini menggunakan Quasy Experimental Design. Metode pendekatannya adalah pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IX SMP N 1 Banyudono sejumlah 217 orang yang terdiri dari 7 kelas, teknik sampling menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel 31 siswa. Analisis data menggunakan uji paired T Test. Hasil: Hasil uji statistik, peningkatan skor nilai mean pada metode ceramah dengan uji t berpasangan yaitu 15,81, sedangkan kelompok metode diskusi meningkat 19,73. Sehingga dapat disimpulkan efektifitas peningkatan pengetahuan siswa dengan menggunakan metode diskusi lebih besar dari pada metode ceramah Simpulan: Pendidikan Kesehatan tentang bahaya narkoba perlu terus dilakukan dan diberikan sejak dini untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di tingkat usia remaja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Anastasia Sekar Arum
Date Deposited: 29 Mar 2021 02:19
Last Modified: 02 Aug 2022 03:14
URI: https:///id/eprint/639

Actions (login required)

View Item View Item