Pembuatan Sistem Penjualan Paket Wisata Kampoeng Batik Laweyan Surakarta

El Farianti, Salma Samira and Retnoningsih, Dwi and Anwariningsih, Sri Huning (2021) Pembuatan Sistem Penjualan Paket Wisata Kampoeng Batik Laweyan Surakarta. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
Salma Samira EF_Cover - Salma Samira.pdf

Download (138kB)
[img] Text
Salma Samira EF_Abstrak- Salma Samira.pdf

Download (41kB)
[img] Text
Salma Samira EF_BAB I_2016061039 - Salma Samira.pdf

Download (144kB)
[img] Text
Salma Samira EF_BAB II_2016061039 - Salma Samira.pdf

Download (417kB)
[img] Text
Salma Samira EF_BAB III_2016061039-324 - Salma Samira.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Salma Samira EF_BAB IV_2016061039 - Salma Samira.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[img] Text
Salma Samira EF_BAB V_2016061039 - Salma Samira.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] Text
Salma Samira EF_Daftar Pustaka- Salma Samira.pdf

Download (8kB)

Abstract

Kampoeng Batik Laweyan adalah salah satu daerah wisata yang sengaja disediakan oleh Pemerintah Kota Surakarta untuk mengundang para wisatawan asing dan domestic. Namun sayangnya sistem pemesanan tiket wisata yang masih dilakukan dengan cara manual. Wisatawan dari luar harus datang langsung ke lokasi wisata untuk melakukan pemesanan tiket. Hal ini menyulitkan wisatawan dari luar untuk memesan tiket. Sistem informasi yang ada juga masih menggunakan facebook. Tujuan tugas akhir ini adalah membuat membuat sistem penjualan paket wista Kampoeng Batik Laweyan yang diharapkan dapat membantu mempromosikan wisata di Kampoeng Batik Laweyan sehingga masyarakat mendapatkan informasi mengenai wisata tersebut secara maksimal, serta mempermudah masyarakat untuk membeli tiket masuk wisata tersebut secara online. Penelitian ini menggunakan metode waterfall sebagai metode pengembangan sistem, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, studi literatur , dokumen dan kuesioner. Analisis dan perancangan menggunakan Unified Modeling Language (UML), sedangkan pengujian menggunakan metode webqual. Hasil pengujian variabel X1 (Usability Quality) memiliki nilai t hitung > t tabel yaitu 3.216 > 2,020. Sehingga disimpulkan bahwa hipotesis H1 dapat diterima yang berarti pengaruh X1 (usability quality) terhadap Y (customer satisfaction), sedangkan pengujian variabel X2 (Information Quality) memiliki nilai t hitung < t tabel yaitu -0,696 < 2,020. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis H2 ditolak yang berarti tidak terdapat pengaruh X2 (information quality) terhadap Y (customer satisfaction), pengujian variabel X3 (Service Interaction Quality) memiliki nilai t hitung > t tabel yaitu 2,454 > 2,020. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis H3 diterima yang artinya terdapat pengaruh X3 (service interaction quality) terhadap Y (customer satisfaction), sedangkan pengujian seluruh variabel kualitas kegunaaan, kualitas informasi, kualitas interaksi menunjukan tingkat kepuasan pengguna dipengaruhi 68.9% Dimana semua variabel kualitas mempengaruhi kepuasan pengguna sebesar 68.9%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Informatika
Depositing User: Dwi Ratna Sari
Date Deposited: 21 Jul 2021 03:26
Last Modified: 01 Aug 2022 02:14
URI: https:///id/eprint/943

Actions (login required)

View Item View Item