Hubungan Terapi Al-Qur'an dengan Tingkat Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII B di SMP Muhammadiyah 6 Surakarta

FARADANA, Fendiry and Putra, Fajar Alam and Herawati, Vitri Dyah (2021) Hubungan Terapi Al-Qur'an dengan Tingkat Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII B di SMP Muhammadiyah 6 Surakarta. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
Fendiry Faradana_Cover_2017121002.pdf - Fendiry Faradana.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Fendiry Faradana_Abstrak_2017121002.pdf - Fendiry Faradana.pdf

Download (438kB)
[img] Text
Fendiry Faradana_Bab I_2017121002.pdf - Fendiry Faradana.pdf

Download (320kB)
[img] Text
Fendiry Faradana_Bab II_2017121002.pdf - Fendiry Faradana.pdf

Download (507kB)
[img] Text
Fendiry Faradana_Bab III_2017121002.pdf - Fendiry Faradana.pdf

Download (508kB)
[img] Text
Fendiry Faradana_Bab IV_2017121002.pdf - Fendiry Faradana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (861kB)
[img] Text
Fendiry Faradana_Bab V_2017121002.pdf - Fendiry Faradana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
Fendiry Faradana_Daftar Pustaka_2017121002.pdf - Fendiry Faradana.pdf

Download (305kB)

Abstract

Latar Belakang: Motivasi belajar sangat penting peranannya merupakan hal yang paling penting dan sangat besar pengaruhnya, karena dengan adanya motivasi dapat menumbuhkan minat belajar siswa serta dapat menghantarkan siswa pada tujuan yang diinginkannya. Motivasi belajar yang menurun pada siswa oleh karennaya sangat dibutuhkan suatu perlakuan, salah satunya dengan terapi al-qur’an. Terapi al-qur’an sangat efektif meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Tujuan : untuk mengetahui ada tidaknya hubungan terapi al-qur’an dengan motivasi belajar siswa kelas VIII B Di SMP Muhammadiyah 6 Surakarta. Metode : Jenis penelitian adalah deskriptif korelasional dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B di SMP Muhammadiyah 6 Surakarta sebanyak 30 siswa dan sampel diambi secara total sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi nonparametrik spearman rank. Hasil :1) Terapi Al-Qur’an pada siswa mayoritas termasuk tinggi (40,0%), 2)Motivasi belajar siswa mayoritas termasuk sedang (43,3%), 3) Terdapat hubungan terapi al-qur’an dengan tingkat motivasi belajar siswa kelas VIII B di SMP Muhammadiyah 6 Surakarta dengan kekuatan hubungan sangat kuat (r = 0,833 & p value = 0,000). Simpulan : Terdapat hubungan terapi al-qur’an dengan tingkat motivasi belajar siswa kelas VIII B di SMP Muhammadiyah 6 Surakarta.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Dwi Ratna Sari
Date Deposited: 24 Aug 2021 03:16
Last Modified: 01 Aug 2022 02:14
URI: https:///id/eprint/978

Actions (login required)

View Item View Item