Hubungan Komunikasi Perawat dalam Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Colomadu 1 Kabupaten Karanganyar

MARIYANA, Dina and Herawati, Vitri Dyah and Sukardi, Sukardi (2015) Hubungan Komunikasi Perawat dalam Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Colomadu 1 Kabupaten Karanganyar. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (366kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 1.pdf

Download (67kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 2.pdf

Download (116kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 3.pdf

Download (119kB)
[img] Text
SKRIPSI-BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
SKRIPSI-BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)

Abstract

Latar Belakang: Kepuasan pasien terhadap komunikasi perawat merupakan tingkat perasaan seseorang pasien setelah membandingkan komunikasi perawat yang dirasakan dengan harapan yang diinginkan oleh pasien. Perawat dalam memberikan asuhan keperawatan tidak terlepas dari komunikasi perawat dengan pasien yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien. Hasil wawancara diketahui 5 pasien yang berobat rawat jalan kurang mendapat pelayanan yang baik dikarenakan komunikasi perawat yang sebagaian kurang ramah terhadap pasien juga empati petugas yang kurang efektif. Tujuan: Mengetahui hubungan antara komunikasi perawat dalam pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Colomadu I Kabupaten Karanganyar. Metode: Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Populasi berjumlah 2500 pasien, diambil sampel sebanyak 96 dengan teknik accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan dengan analisis korelasi Tau-Kendall Hasil : (1) Komunikasi perawat sebagian besar mempunyai komunikasi baik yaitu sebanyak 48 orang (50,0%), (2) Kepuasan pasien orang sebagian besar tergolong puas yaitu sebanyak 56 orang (58,3%); (3) Ada hubungan signifikan antara komunikasi perawat dalam pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Colomadu I Kabupaten Karanganyar (rxy = 0,525 > 0,218; p = 0,000 < 0,05). Simpulan: Terdapat hubungan signifikan antara komunikasi perawat dalam pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Colomadu I Kabupaten Karanganyar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: komunikasi perawat, pelayanan kesehatan, kepuasan pasien.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Dwi Ratna Sari
Date Deposited: 22 Nov 2021 03:11
Last Modified: 02 Aug 2022 04:05
URI: http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/1747

Actions (login required)

View Item View Item