LAN, Tan Djoen and Apsari, Fitri and Purnomosidi, Faqih (2016) Kemandirian Anak dalam Belajar Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) di Les Baca Anak Hebat. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.
Text
COVER & ABSTRAK.pdf Download (980kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (286kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (272kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (267kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) |
Abstract
Kemandirian adalah keadaan di mana individu dapat melakukan aktivitas sehari-hari sesuai dengan tahap perkembangannya. Kemandirian pada anak sangat diperlukan karena dengan kemandirian, anak bisa lebih bertanggung jawab, cenderung lebih positif dan berprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami secara mendalam mengenai kemandirian anak dalam belajar Membaca dan Menulis Permulaan (MMP). Penggunaan metode kualitatif dalam penelitian ini adalah dengan tujuan untuk memperoleh pemahaman menyeluruh tentang fenomena kemandirian anak dalam Belajar Membaca dan Menulis Permulaan (MMP). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan utama dalam penelitian ini adalah 2 murid Les Baca Anak Hebat Solo Baru (Ahe Soba) dan 2 murid Les Baca Anak Hebat Fajar Indah (Ahe Fa’I) yang berusia di atas 4 tahun dan mulai mendaftar les dengan jarak waktu yang berdekatan. Keempat informan sama-sama memulai les dari level pertama dan secara kebetulan keempatnya berjenis kelamin perempuan dan sama-sama duduk di TK A. Kesimpulan yang diperoleh mengenai kemandirian anak dalam belajar Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) adalah : (1) Anak yang mandiri memiliki kemampuan untuk melakukan kegiatan atau tugas sehari-sehari sesuai dengan tahapan perkembangan dan kapasitasnya. Sebaliknya, anak yang tidak mandiri cenderung tidak mampu untuk melakukan kegiatan atau tugas sehari-seharinya dengan baik. (2) Anak yang mandiri sejak awal dapat mencapai kemajuan yang lebih baik dalam hal belajar Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) dibandingkan dengan anak yang tidak mandiri. (3) Anak yang awalnya tidak mandiri kemudian berubah menjadi anak yang mandiri, dalam belajar Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) mengalami kemajuan, namun tidak dapat menyamai kemajuan dari anak yang memang sudah memiliki kemandirian sejak awal.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemandirian, belajar, Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Psikologi |
Depositing User: | Dwi Ratna Sari |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 02:07 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 03:10 |
URI: | http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/1845 |
Actions (login required)
View Item |