ASMUNI, Asmuni and Devi, Anita Oktaviana Trisna and Indriastiningsih, Erna (2019) Analisis Kepuasan Pelayanan Perpustakaan Dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (Studi Kasus Perpustakaan Universitas Sahid Surakarta). Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.
Text
ASMUNI_1_COVER-ABSTRAK.pdf Download (3MB) |
|
Text
ASMUNI_2_BAB_I.pdf Download (92kB) |
|
Text
ASMUNI_3_BAB_II.pdf Download (385kB) |
|
Text
ASMUNI_4_BAB_III.pdf Download (237kB) |
|
Text
ASMUNI_5_BAB_IV.pdf Download (616kB) |
|
Text
ASMUNI_6_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
|
Text
ASMUNI_7_BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
ASMUNI_8_DAFPUST-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Layanan perpustakaan merupakan bagian integral dari rantai kualitas perguruan tinggi. Berdasarkan Studi lapangan dilakukan pada tahun 2018 di perpustakaan Universitas Sahid Surakarta diketahui bahwa jumlah pengguna perpustakaan berfluktuasi. Jumlah pengguna terbanyak selama tahun 2018 terjadi pada bulan Oktober, sebanyak 419 pengguna, namun mengalami penurunan ke bulan selanjutnya 258 pengguna atau turun 61.5 % pada bulan November, dan terjadi penurunan lagi sebanyak 108 pengguna, turun 41.8 % pada bulan Desember. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah pelayanan perpustakaan yang diberikan perpustakaan Universitas Sahid Surakarta sudah memuaskan yang diinginkan pelanggan, bagaimana pelayanan yang diinginkan oleh pengguna perpustakaan dan apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Sahid Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner terbuka sebanyak 35 responden dan kuesioner tertutup sebanyak 95 responden. Metode yang digunakan Quality Funcation Deployment untuk mengetahui atribut-atribut jasa yang diinginkan pengguna tingkat kepentingan, kinerja Perpustakaan, dan parameter teknik. Hasil dari penelitian dengan menggunakan QFD didapatkan diketahui atribut jasa yang diinginkan oleh Mahasiswa dan diterjemahkan ke dalam parameter teknik dalam House of Quality (HOQ) Berdasarkan Analisis yang dilakukan, diperoleh kesimpulan didapatkan 16 atribut jasa yang diinginkan oleh Mahasiswa dan diterjemahkan ke dalam 6 parameter teknik dalam House of Quality (HOQ). Atribut jasa yang harus dikembangkan terlebih dahulu menurut derajad kepentingan yaitu, 1. Melengkapi koleksi buku sesuai dengan kebutuhan. 2. Ruangan yang lapang, tenang, kualitas udara dan pencahayaan yang baik. 3. Kunci di setiap loker 4. Evaluasi kinerja karyawan 5. Penambahan fasilitas pendukung 6. Ketersediaan informasi pengguna fasilitas perpustakaan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Teknik Industri |
Depositing User: | Agung Ferdiyanto Hapsah |
Date Deposited: | 23 Mar 2021 04:51 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 06:52 |
URI: | http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/217 |
Actions (login required)
View Item |