RAHAYU, Oktafia and Pertiwi, Dyah Retno and Wisudawanto, Rahmat (2015) Representasi Relasi Ibu dan Anak Dalam Iklan Susu Bebelac 4 Versi Medley You Are My Everything di Televisi. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.
Text
OKTAFIA RAHAYU_1_COVER-ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
OKTAFIA RAHAYU_2_BAB_I.pdf Download (153kB) |
|
Text
OKTAFIA RAHAYU_3_BAB_II.pdf Download (236kB) |
|
Text
OKTAFIA RAHAYU_4_BAB_III.pdf Download (56kB) |
|
Text
OKTAFIA RAHAYU_5_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (477kB) |
|
Text
OKTAFIA RAHAYU_6_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
|
Text
OKTAFIA RAHAYU_7_DAFPUST-LAMPIRAN.pdf Download (346kB) |
Abstract
Periklanan melalui media televisi memegang peranan yang sangat penting sebagai sarana komunikasi antara produsen dan konsumen. Televisi mampu menghadirkan gabungan audio dan visual, sehingga masyarakat lebih memahami dan tertarik dengan apa yang disampaikan oleh pengiklan dan produsen produk. Iklan susu pertumbuhan anak sangat bervariasi dan masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Dalam penelitian ini penulis mengambil salah satu iklan susu pertumbuhan, yaitu susu Bebelac dari Nutricia dengan menggunakan tampilan medley berbahasa Inggris yang menampilkan hubungan ibu dan anak sedang melakukan aktivitas bersama. Dalam iklan susu Bebelac 4 versi medley you are my everything ini, PT Nutricia menampilkan pesan tentang nilai-nilai keluarga, khususnya ibu dan anak. Maksud dari nilai-nilai keluarga tersebut adalah bagaimana ibu dan anak menjalin relasi yang baik dan tidak lepas dari hal-hal yang ada disekitarnya. Kedekatan hubungan antara anak dan ibunya seperti yang digambarkan dalam iklan tersebut sejalan dengan teori yang diungkapkan oleh Chen bahwa, kualitas hubungan orang tua-anak merefleksikan tingkatan dalam hal kehangatan (warmth), rasa aman (security), kepercayaan (trust). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui makna relasi ibu dan anak yang direpresentasikan dalam iklan Susu Bebelac 4 versi medley you are my everything di televisi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan semiologi Roland Barthes. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah iklan susu Bebelac 4 versi medley you are my everything di televisi. Adapun data dalam penelitian ini adalah semua adegan iklan yang mengandung relasi ibu dan anak dan selanjutnya diklasifikasikan menurut 3 nilai relasi ibu dan anak; kehangatan, rasa aman, dan kepercayaan Hasil penelitian menunjukkan bahwa relasi ibu dan anak dalam iklan susu Bebelac 4 versi medley you are my everything yang direpresentasikan melalui 3 hal, yakni (1) Kehangatan, (2) Rasa aman, dan (3) Kepercayaan. Dari ketiga kategorisasi tesebut, data yang paling banyak menunjukkan relasi antara ibu dan anak adalah kategorisasi kepercayaan. Adegan yang menunjukkan aspek kepercayaan dalam relasi ibu dan anak mendapat porsi paling banyak
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman |
Divisions: | Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Agung Ferdiyanto Hapsah |
Date Deposited: | 23 Mar 2021 06:12 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 06:28 |
URI: | http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/223 |
Actions (login required)
View Item |