Andarini, Sekar Ratri and Fatma, Anne and Rifayani, Hastuti (2012) Hubungan Antara Distress dan Dukungan Sosial dengan Prokastinasi Akademik pada Mahasiswa dalam Menyusun Skripsi. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.
Text
SEKAR RATRI ANDARINI - HAL. ROMAWI.pdf Download (3MB) |
|
Text
SEKAR RATRI ANDARINI - BAB 1.pdf Download (3MB) |
|
Text
SEKAR RATRI ANDARINI - BAB 2.pdf Download (9MB) |
|
Text
SEKAR RATRI ANDARINI - BAB 3.pdf Download (3MB) |
|
Text
SEKAR RATRI ANDARINI - BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
SEKAR RATRI ANDARINI - BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
SEKAR RATRI ANDARINI - LAMPIRAN.pdf Download (14MB) |
Abstract
Menyusun skripsi yang menjadi salah satu syarat mahasiswa untuk memperoleh gelar sarjana, seringkali menimbulkan stres pada mahasiswa. Stres yang berifat negatif (distress) menjadikan mahasiswa malas mengerjakan skripsi, kehilangan motivasi, sampai tidak menyelesaikan skripsi. Menunda penyusunan skripsi tergolong sebagai prokrastinasi akademik. Dukungan sosial yang diberikan oleh orang-orang terdekat terutama keluarga, merupakan salah satu faktor yang dapat mengurangi prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara distress dengan prokrastinasi akademik dan hubungan antara dukungan sosial dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa dalam menyusun skripsi. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Prokrastinasi Akademik, Skala Distress, dan Skala Dukungan Sosial. Sampel penilitian ini adalah mahasiswa Universitas Sahid Surakarta yang sedang menyusun skripsi/tugas akhir sebanyak 40 orang, yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan teknik korelasi Poduct Moment dari pearson. Prokrastinasi akademik pada subjek penelitian tergolong sedang, dengan rerata empirik sebesar 86,93 dan rerata hipotetik sebesar 95. Distress pada subjek penelitian tergolong sedang, dengan rerata empirik sebesar 71,20 dan rerata hipotetik sebesar 75. Dukungan sosial pada subjek penelitian tergolong tinggi, dengan rerata empirik sebesar 71,55 dan rerata hipotetik sebesar 60. Hasil analisis data menunjukan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara distress dengan prokrastinasi akademik, ditunjukan nilai (r) 0,318; p = 0,046 (p<0,05), artinya semakin tinggi distress maka semakin tinggi prokrastinasi akademik, begitu pula sebaliknya, semakin rendah distress maka semakin rendah prokrastinasi akademik. Analisis data berikutnya menunjukan bahwa ada hubungan negatif yang signifikanantara dukungan sosial dengan prokrastinasi akademik, ditunjukan nilai korelasi (r) sebesar 0,063; p = 0,000 (p<0,05), artinya semakin tinggi dukungan sosial maka semakin rendah prokrastinasi akademik, begitu pula sebaliknya, semakin rendah rendah dukungan sosial maka semakin tinggi prokrastinasi akademik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prokrastinasi Akademik, Distress, Dukungan Sosial, Mahasiswa. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Psikologi |
Depositing User: | Yohana W |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 06:56 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 06:56 |
URI: | http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/2633 |
Actions (login required)
View Item |