FANRIZA, Muhammad Izul and Susilo, Dahlan and Charolina, Astri (2024) Pengelolaan Aduan Masyarakat Menggunakan Aplikasi Berbasis Web di Kota Salatiga. Skripsi thesis, Universitas Sahid Surakarta.
Text
Muhammad Izul Fanriza_Cover + Abstrak_2022062003 - M Izul Fanriza.pdf Download (1MB) |
|
Text
Muhammad Izul Fanriza_BAB I_2022062003 - M Izul Fanriza.pdf Download (1MB) |
|
Text
Muhammad Izul Fanriza_BAB II_2022062003 - M Izul Fanriza.pdf Download (1MB) |
|
Text
Muhammad Izul Fanriza_BAB III_2022062003 - M Izul Fanriza.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Muhammad Izul Fanriza_BAB IV_2022062003 - M Izul Fanriza.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
Muhammad Izul Fanriza_BAB V_2022062003 - M Izul Fanriza.pdf Download (1MB) |
|
Text
Muhammad Izul Fanriza_Daftar Pustaka_2022062003 - M Izul Fanriza.pdf Download (1MB) |
|
Text
Muhammad Izul Fanriza_Lampiran_2022062003 - M Izul Fanriza.pdf Download (1MB) |
Abstract
Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009, Pemerintah Pusat dan Daerah memiliki kewajiban untuk meningkatkan pengelolaan pengaduan masyarakat. Saat ini Pemerintah Kota Salatiga mempunyai kendala integrasi kanal pengaduan sehingga muncul masalah, seperti kesulitan pemantauan tindak lanjut aduan, rekapitulasi manual yang terlambat dan pencarian riwayat data aduan yang tidak efisien. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan suatu aplikasi berbasis web untuk membantu Pemerintah Kota Salatiga dalam melakukan pengelolaan aduan masyarakat. Metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi adalah metode Waterfall, pengkodean menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework Laravel. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, studi pustaka dan studi dokumentasi. Pengujian aplikasi website mencakup uji fungsionalitas, uji kompatibilitas dan uji keamanan. Analisis sistem terdapat alur distribusi aduan, pemantauan aduan dan rekapitulasi aduan. Dari hasil analisis, ditemukan 14 jenis kebutuhan data dan 4 jenis pengguna. Perancangan sistem menghasilkan flowchart, Entity Relationship Diagram (ERD), Use Case Diagram dan Activity Diagram serta Mockups. Implementasi sistem meliputi implementasi basis data dengan nama db_aplikasi_lapor, implementasi back-end dengan fungsi utama penyimpanan data laporan dari berbagai kanal untuk memudahkan pemantauan, pencarian riwayat dan rekapitulasi aduan. Implementasi front-end sesuai rancangan dan aplikasi dapat diakses melalui https://matur.salatiga.go.id. Pengujian meliputi uji fungsionalitas, uji kompatibilitas tampilan, uji keamanan aplikasi dan memperoleh hasil yang sesuai pada setiap jenis pengujian.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aduan masyarakat, Aplikasi pengelolaan pengaduan, Integrasi kanal, Pemerintah Kota Salatiga, Pelayanan publik |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Informatika |
Depositing User: | Dwi Ratna Sari |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 03:32 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 08:10 |
URI: | http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/2810 |
Actions (login required)
View Item |