Penerapan Aplikasi "Alfabet Seru" Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini di TK Kartika IV-47 Bojonegoro

Dionisius Widi Admojo, Dahlan Susilo, Farid Fitriyadi (2025) Penerapan Aplikasi "Alfabet Seru" Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini di TK Kartika IV-47 Bojonegoro. EC00202517014.

[img] Text
Dionisius Widi Admojo_Sertifikat HAKI_2018061006.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Dionisius Widi Admojo_Halaman Awal_2018061006.pdf

Download (632kB)
[img] Text
Dionisius Widi Admojo_Bab I-II_2018061006.pdf

Download (336kB)
[img] Text
Dionisius Widi Admojo_Bab III-IV_2018061006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text
Dionisius Widi Admojo_Bab V_2018061006.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Dionisius Widi Admojo_Daftar Pustaka_2018061006.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Dionisius Widi Admojo_Lampiran_2018061006.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran anak usia dini merupakan tahap penting dalam pengembangan keterampilan literasi. TK Kartika IV-47 Bojonegoro menghadapi tantangan dalam menarik minat anak-anak untuk belajar alfabet menggunakan metode konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan aplikasi "Alfabet Seru" sebagai media pembelajaran interaktif berbasis teknologi untuk meningkatkan literasi anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan mencakup observasi, wawancara, studi literatur, dan pengujian sistem. Aplikasi "Alfabet Seru" dirancang dengan fitur utama berupa pengenalan alfabet, kosakata sederhana, serta latihan interaktif berbasis multimedia yang menarik bagi anak-anak. Pengujian dilakukan menggunakan metode black-box untuk mengevaluasi fungsionalitas aplikasi, serta pretest dan posttest guna mengukur efektivitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat meningkatkan minat dan keterampilan literasi anak usia dini secara signifikan. Evaluasi posttest menunjukkan peningkatan pemahaman huruf dan kosakata dibandingkan sebelum penggunaan aplikasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pemanfaatan teknologi dalam pendidikan anak usia dini dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran serta memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan interaktif.

Item Type: Patent
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Edukasi, Alfabet, Anak Usia Dini, Pembelajaran Interaktif, Teknologi Pendidikan.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Informatika
Depositing User: Dionisius Widi Admojo
Date Deposited: 22 Sep 2025 04:24
Last Modified: 22 Sep 2025 04:24
URI: http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/3150

Actions (login required)

View Item View Item