DESAIN KEMASAN UMKM RIN’S CATERING UNTUK MENINGKATKAN MINAT KONSUMEN

Muhammad Virza Arinanda Rahman (2024) DESAIN KEMASAN UMKM RIN’S CATERING UNTUK MENINGKATKAN MINAT KONSUMEN. EC00202467315.

[img] Text
Muhammad Virza Arinanda Rahman_Sertifikat HAKI_2020021033 - Vhirza Arinanda.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Virza Arinanda Rahman_Hal. Awal_2020021033.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Virza Arinanda Rahman_Bab I-II_2020021033.pdf

Download (513kB)
[img] Text
Muhammad Virza Arinanda Rahman_Bab III-IV_2020021033.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Muhammad Virza Arinanda Rahman_Bab V_2020021033.pdf

Download (226kB)
[img] Text
Muhammad Virza Arinanda Rahman_Daftar Pustaka_2020021033.pdf

Download (276kB)
[img] Text
Muhammad Virza Arinanda Rahman_Lampiran_2020021033.pdf

Download (1MB)

Abstract

UMKM di sektor kuliner/makanan merupakan sektor UMKM dengan peluang yang besar, terutama dalam menjanjikan solusi makanan yang praktis dan efisien bagi konsumen yanag memiliki gaya hidup yang sibuk. Fenomena tersebut menciptakan realita akan persaingan usaha yang ketat dan intens. Hal ini mendorong dan mengharuskan pemilik usaha untuk terus berinovasi secara kreatif dalam menarik minat konsumen. Salah satunya adalah desain kemasan. Dengan desain kemasan yang baik sebuah produk mampu memunculkan citra mereknya serta mampu memunculkan perasaan membutuhkan terhadap produk dan merek sehingga dapat menarik lebih banyak minat konsumen untuk membeli. Maka akan menjadi masalah bagi sebuah UMKM di sektor kuliner tidak memiliki desain kemasan yang baik. Permasalahan terkait persaingan dan turunnya minat konsumen sedang dialami oleh UMKM Rin’s Catering yang berada di sukoharjo yang sebelumnya telah membangun reputasinya yang baik mengenai kualitas produk dan layanan. Permasalahan yang sedang dialami oleh Rin’s Catering dikarenakan belum memiliki desain kemasan yang baik. Maka rumusan masalah pada Tugas Akhir ini tentang bagaimana cara membuat Desain kemasan yang baik bagi Rin’s Catering. Tujuannya adalah untuk meningkatkan minat konsumen terhadap produk dari UMKM Rin’s Catering demi keberlanjutan dan kesuksesan usaha tersebut. Metode perancangan yang digunakan meliputi Ide dan gagasan, observasi dan eksplorasi, brief, brainstorming, creative brief, designing, evaluasi.

Item Type: Patent
Uncontrolled Keywords: UMKM, Kuliner, Catering, Desain Kemasan.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Yohana W
Date Deposited: 15 Sep 2025 11:08
Last Modified: 18 Nov 2025 07:54
URI: http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/3667

Actions (login required)

View Item View Item