SARI, Dwi Ratna and Retnoningsih, Dwi and Al Haris, Firdhaus Hari Saputro (2019) Implementasi Sistem Berita Acara Pemeriksaan pada KPPBC Tipe Madya Pabean B Surakarta Berbasis Web. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.
Text
DWI RATNA SARI_1_COVER.pdf Download (25kB) |
|
Text
DWI RATNA SARI_1A_ABSTRAK.pdf Download (102kB) |
|
Text
DWI RATNA SARI_2_BAB_I.pdf Download (233kB) |
|
Text
DWI RATNA SARI_3_BAB_II.pdf Download (289kB) |
|
Text
DWI RATNA SARI_4_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
DWI RATNA SARI_5_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
DWI RATNA SARI_6_BAB_V.pdf Download (103kB) |
|
Text
DWI RATNA SARI_7_DAFPUST-LAMPIRAN.pdf Download (195kB) |
Abstract
Pembuatan berita acara pemeriksaan pabrik hasil tembakau (pabrik rokok dan pabrik tembakau iris) pada KPPBC Tipe Madya Pabean B Surakarta masih dilakukan secara semi manual dengan menggunakan microsoft office. Meskipun pembuatan berita acara pemeriksaan sudah terkomputerisasi namun hal tersebut masih kurang efektif karena petugas harus mencatat hasil pemeriksaan secara manual pada formulir serta meng-input-kan data hasil pemeriksaan satu persatu pada microsoft excel. Pengolahan data yang dilakukan secara semi manual menjadi permasalahan dalam menyelesaikan pekerjaan. Permasalahan tersebut antara lain keterlambatan dalam pengolahan data. Sistem berita acara pemeriksaan pada KPPBC Tipe Madya Pabean B Surakarta berbasis web digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan dalam pembuatan berita acara pemeriksaan agar lebih cepat dan akurat, mengingat banyaknya pengawasan dan wilayah kerja KPPBC Tipe Madya Pabean B Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode waterfall sebagai metode pengembangan sistem, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, studi literatur dan kuesioner. Sedangkan pengujian sistem menggunakan metode webqual. Penelitian ini menghasilkan suatu sistem berita acara pemeriksaan pada KPPBC Tipe Madya Pabean B Surakarta berbasis web. Pengujian sistem menunjukkan bahwa kualitas kegunaan berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna karena memiliki nilai signifikansi 0,03<0,05, sedangkan kualitas informasi berpengaruh negatif terhadap kepuasan pengguna karena memiliki nilai signifikansi 0,193>0,05, serta kualitas layanan interaksi berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna karena memiliki nilai signifikansi 0,001<0,05. Kualitas kegunaan, kualitas informasi dan kualitas layanan interaksi secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna karena memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengguna merasa puas terhadap sistem berita acara pemeriksaan pada KPPBC Tipe Madya Pabean B Surakarta.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Informatika |
Depositing User: | Fahmi Yufrizal Yusuf |
Date Deposited: | 26 Mar 2021 01:55 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 08:16 |
URI: | http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/440 |
Actions (login required)
View Item |