Perancangan Videografi Bahasa Isyarat Sebagai Media Pembelajaran Masyarakat Surakarta

MARITHA, Indira and Lukitasari, Evelyne Henny and Anwar, Ahmad Khoirul (2021) Perancangan Videografi Bahasa Isyarat Sebagai Media Pembelajaran Masyarakat Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
Indira Maritha_cover-abstrak_2014021018.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Indira Maritha_BAB I_2014021018 - perpustakaan usahidsolo.pdf

Download (274kB)
[img] Text
Indira Maritha_BAB II_2014021018 - perpustakaan usahidsolo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text
Indira Maritha_BAB III_2014021018 - perpustakaan usahidsolo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text
Indira Maritha_BAB IV_2014021018 - perpustakaan usahidsolo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Indira Maritha_BAB V_2014021018 - perpustakaan usahidsolo.pdf

Download (78kB)

Abstract

Video ini menceritakan tentang Bahasa Isyarat. Penyandang tunarungu dan kaum tuli merupakan kelompok yang menggunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi. Secara alami, kaum tuli memaksimalkan sisa indra pada tubuh yang berfungsi secara maksimal untuk dapat menerima respon dari luar tubuh mereka. Salah satu bentuk rangsangannya berupa informasi bahasa yang dapat diterima melalui indra penglihatan. Selain itu, cara pemahaman bahasa pada kaum tuli berbeda dengan cara pemahaman pada orang normal. Salah satu cara pembelajaran bahasa pada tuli adalah dengan memaksimalkan indra penglihatan sebagai alat dalam menerima rangsangan informasi Bahasa dan penggunaan bahasa isyarat sebagai cara melatih komunikasi bahasanya. Perbendaharaan kata dalam bahasa tidak dapat dijelaskan melalui pembelajaran secara visual karena ketidakmampuan tuli dalam mendengar. Rangsangan informasi tersebut berupa visualiasi kata-kata ke dalam bentuk gambargambar sebagai penganti cara-cara visual pada orang normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berkomunikasi dengan menggunakan bahasa isyarat, peran ekspresi, gerak bibir, bahasa tubuh dan interpreter sangat dibutuhkan. Tetapi selain dari hal-hal tersebut, upaya untuk mendalami dan mempelajari bahasa isyarat pun menjadi hal yang penting untuk mempelancar jalannya komunikasi antara individu tuli dan individu. Selain itu tergantung dari latar belakang budaya masing-masing negara. Dengan adanya BISINDO sebagai salah satu bahasa isyarat yang ada di Indonesia menjadi cara khas tersendiri bagi budaya Indonesia yang tidak terdapat pada isyarat negara lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Isyarat, BISINDO, Tunarungu, Tuli dan Komunikasi
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Dwi Ratna Sari
Date Deposited: 31 Mar 2021 03:07
Last Modified: 01 Aug 2024 02:46
URI: http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/549

Actions (login required)

View Item View Item