Pengaruh Perilaku Caring dan Kualitas Pelayanan Keperawatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Griya Husada Madiun

ANGGRAINI, Lia and Haris, Rif Atiningyas and Pamungkas, Idris Yuni (2016) Pengaruh Perilaku Caring dan Kualitas Pelayanan Keperawatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Griya Husada Madiun. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (30kB)
[img] Text
1_BAB 1_LIA.pdf

Download (55kB)
[img] Text
2_BAB 2_LIA.pdf

Download (148kB)
[img] Text
3_BAB 3_LIA.pdf

Download (175kB)
[img] Text
4_BAB 04-LIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
5_BAB 5-LIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] Text
6_DAFPUST_LIA.pdf

Download (19kB)

Abstract

Latar Belakang: Pelayanan keperawatan yang didasari perilaku caring perawat mampu meningkatkan kualitas pelayanan, dengan kualitas pelayanan akan berdampak pada kepuasan pasien. Studi pendahuluan terhadap 10 pasien diketahui kepuasan pasien baru 40% saja yaitu pasien mengaku puas dengan pelayanan keperawatan dan 60% belum puas, hal ini menunjukkan bahwa masih ada pasien yang tidak puas terhadap pelayanan keperawatan yang diberikan, dan penyebabnya adalah perilaku caring yang diberikan masih kurang memuaskan. Tujuan: Mengetahui pengaruh perilaku caring dan kualitas pelayanan keperawatan terhadap tingkat kepuasan pasien. Metode: Jenis penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi seluruh pasien di Ruang Kelas III RS Griya Husada Madiun sebanyak 106 pasien, diambil sampel 51 orang dengan teknik purposive sampling. Alat analisis dengan analisis deskriptif, uji t-test, analisis regresi berganda dan uji F-test. Hasil: (1) Perilaku caring sebagian besar tergolong cukup sebanyak 30 orang (58,8%); (2) Kualitas pelayanan sebagian besar tergolong cukup sebanyak 35 orang (68,6%); (3) Ada pengaruh perilaku caring terhadap kepuasan pasien (thit = 3,538; = 0,001); (4) Ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien (thit = 7,848; = 0,000); (5) Ada pengaruh antara perilaku caring dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien (Fhit = 36,586; = 0,000). Kesimpulan: Ada pengaruh antara perilaku caring dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di RS Griya Husada Madiun.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Agung Ferdiyanto Hapsah
Date Deposited: 29 Mar 2021 01:28
Last Modified: 24 Jan 2023 01:12
URI: http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/582

Actions (login required)

View Item View Item