Kontribusi Humas dalam Fungsi Pelayanan di Polresta Surakarta

KUSUMAWATI, Dyah and Musta'an, Musta'an and Wisudawanto, Rahmat (2021) Kontribusi Humas dalam Fungsi Pelayanan di Polresta Surakarta. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
DYAH KUSUMAWATI_cover-abstrak_2016071003.pdf

Download (664kB)
[img] Text
DYAH KUSUMAWATI_BAB I_2016071003 - Dyah kusumawati.pdf

Download (65kB)
[img] Text
DYAH KUSUMAWATI_BAB II_2016071003 - Dyah kusumawati.pdf

Download (121kB)
[img] Text
DYAH KUSUMAWATI_BAB III_2016071003 - Dyah kusumawati.pdf

Download (101kB)
[img] Text
DYAH KUSUMAWATI_BAB IV_2016071003 - Dyah kusumawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (982kB)
[img] Text
DYAH KUSUMAWATI_BAB V_2016071003 - Dyah kusumawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)

Abstract

Humas memiliki pengaruh besar pada instansi. Pengaruh ini dapat dilihat dari sejauh mana keberhasilan seorang praktisi humas dalam perannya sebagai komunikator. Humas dalam perannya sebagai komunikator bertujuan untuk menjembatani organisasi atau instansi dengan publiknya. Oleh karena itu, humas senantiasa menciptakan, menjaga serta meningkatkan image yang positif agar citra positif Polresta Surakarta tetap terjaga dimata publik atau masyarakat. Humas dalam kontribusinya mendukung fungsi pelayanan yang ada di Polresta Surakarta yaitu dengan cara memberikan informasi kebijakan pelayanan yang ada di Polresta Surakarta. Pelayanan yang baik dalam instansi harus memperhatikan berbagai syarat sesuai syarat standar pelayanan publik menurut Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (MENPAN) No 63 Tahun 2004. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peran humas dan standar pelayanan yang ada di Polresta Surakarta, juga untuk menjelaskan kontribusi humas dalam mendukung Fungsi Pelayanan. Hasil penelitian diketahui bahwa humas Polresta Surakarta menjalankan peran sebagai communicator, relationship , backup management , good image maker dengan baik . Setelah itu di Polresta Surakarta sudah memperhatikan standar pelayananan menurut MENPAN No 63 Tahun 2004 meliputi prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk pelayanan, sarana dan prasarana, kompetensi petugas pemberi pelayanan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kontribusi humas Polresta Surakarta dalam mendukung fungsi pelayanan sudah baik .

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Dwi Ratna Sari
Date Deposited: 31 Mar 2021 03:15
Last Modified: 01 Aug 2022 02:31
URI: http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/593

Actions (login required)

View Item View Item