WAHYUNI, Dian and Pambudi, Risma Sakti and Khusna, Khotimatul (2021) Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Purwosari Surakarta. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.
Text
Dian Wahyuni_cover_2019142027 - Dian Wahyuni.pdf Download (811kB) |
|
Text
Dian Wahyuni_abstrak_2019142027 - Dian Wahyuni.pdf Download (234kB) |
|
Text
Dian Wahyuni_BAB I_2019142027 - Dian Wahyuni.pdf Download (104kB) |
|
Text
Dian Wahyuni_BAB II_2019142027 - Dian Wahyuni.pdf Download (114kB) |
|
Text
Dian Wahyuni_BAB III_2019142027 - Dian Wahyuni.pdf Download (152kB) |
|
Text
Dian Wahyuni_BAB IV_2019142027 - Dian Wahyuni.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
|
Text
Dian Wahyuni_BAB V_2019142027 - Dian Wahyuni.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
|
Text
Dian Wahyuni_Daftar Pustaka_2019142027 - Dian Wahyuni.pdf Download (166kB) |
Abstract
Pelayanan kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian berdasarkan dimensi ketanggapan, keandalan, jaminan, bukti nyata dan empati petugas farmasi yang ada di puskesmas, sehingga dapat diketahui sejauh mana puskesmas tersebut menerapkan pelayanan kefarmasian sesuai dengan standar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif non eksperimental dan pengambilan sampel dilakukan secara accidental sampling. Populasi penelitian ini adalah semua pasien yang mendapatkan pelayanan kefarmasian di Puskesmas Purwosari Surakarta. Sampel penelitian ini berjumlah 105 responden. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh kemudian dibuat dalam bentuk tabulasi dan dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian pada tingkat kepuasan pelayanan kefarmasian di Puskesmas Purwosari Surakarta pada dimensi ketanggapan (responsiveness) sebesar 84,5%, keandalan (reliability) sebesar 84,3%, jaminan (assurance) sebesar 85,8%, bukti nyata (tangible) sebesar 86,8% dan empati (emphaty) sebesar 85,3%. Tingkat kepuasan pelayanan kefarmasian di Puskesmas Purwosari Surakarta menunjukkan rata-rata persentase sebesar 85,3% yang artinya masuk dalam kriteria sangat puas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Farmasi |
Depositing User: | Dwi Ratna Sari |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 03:15 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 03:33 |
URI: | http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/976 |
Actions (login required)
View Item |